Tak Hanya Wortel, Ternyata Makanan Berikut Juga Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

Tanggal: 24 Jul 2018 22:12 wib.
Tak Hanya Wortel, Ternyata Makanan Berikut Juga Ampuh Menjaga Kesehatan Mata



Mata adalah salah satu indera yang penting untuk dijaga kesehatannya. Pada umumnya orang-orang sudah mengetahui jika untuk menjaga kesehatan mata, salah satu caranya adalah memakan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel. Namun nyatanya bukan hanya wortel yang baik untuk mata, makanan berikut juga baik untuk kesehatan mata loh.
 
Telur

Telur mempunyai kandungan banyak zat gizi yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Dalam telur, terdapat lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng. Lutein dan vitamin A dapat melindungi mata Anda dari kebutaan di malam hari dan dari kekeringan pada mata. Lutein dan zeaxanthin bersama dengan seng juga dapat meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengurangi risiko degenerasi makula.

 
Gandum

Gandum atau biji-bijian utuh, seperti beras merah, oat, quinoa, roti gandum, dan pasta gandum juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena mereka mengandung vitamin E, seng, dan niasin (vitamin B3). Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah ini dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, minyak gandum juga mengandung vitamin E.

 
Biji bunga matahari dan kacang almond

Pada biji bunga matahari dan kacang almond, ditemukan kandungan vitamin E. Vitamin E ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dengan cara memperlambat degenerasi makula. Vitamin E dan vitamin C bekerja sama dalam menjaga kesehatan jaringan pada mata.  Dalam biji bunga matahari juga ditemukan kandungan seng, selain kandungan vitamin E. Sedangkan, dalam kacang almond juga ditemukan kandungan asam lemak omega-3.  Kandungan seng dan asam lemak omega-3 ini juga dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.

 
Labu Kuning dan Ubi
Sayur dan buah yang berwarna kuning dan oranye dipercaya kaya akan  kandungan beta karotene yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Manfaat dari vitamin ini bisa mencegah rabun senja yang mengakibatkan pengidap sulit melihat dengan jelas menjelang dan sepanjang malam hari. Kamu bisa mengonsumsi semangkuk sup labu atau ubi panggang untuk dijadikan sebagai camilan atau ditambahkan dalam menu harian.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved