Tak Hanya Sebagai Pewangi Makanan, Ini Manfaat Minyak Wijen

Tanggal: 3 Feb 2018 09:44 wib.
Tampang.com - Minyak wijen biasa digunakan pada masakan Cina. Minyak hasil ekstraksi biji wijen ini digunakan untuk memberikan aroma sehingga dapat menggugah selera. Di Indonesia sendiri, pemakaian minyak wijen ini masih jarang ditemukan. Namun jangan salah, jarang digunakan belum tentu tidak memiliki manfaat. Hal ini hanya perbedaan selera saja.

Meskipun masih belum banyak yang mengenal minyak wijen di Indonesia, minyak wijen ini memiliki banyak sekali manfaat. Wijen sendiri mengandung protein yang tinggi, zat antioksidan, vitamin E, vitamin B kompleks, dan beragam mineral.

Dikutip dari laman Boldsky.com, berikut beberapa manfaat dari minyak wijen ini.

Menurunkan gula darah

Minyak wijen mengandung magnesium yang membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Minyak wijen juga mengandung vitamin E dan zat antioksidan yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan zat antioksidan di dalam minyak wijen sangat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi arteri jadi lebih baik. Asam lemak di dalam minyak wijen seperti sesamol dan sesamin berguna dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Menurunkan tekanan darah

Menurut beberapa penelitian, penggunaan minyak wijen sangatlah berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang menderita hipertensi.

Mengelola stres

Memijat telapak kaki sebelum tidur dengan minyak wijen begitu berguna untuk menurunkan stres, kecemasan, dan meningkatkan suasana hati agar jadi lebih baik.

Menyehatkan kulit

Kamu bisa mengoleskan minyak wijen di kulit untuk menjadikan kulitmu lebih lembab, halus, dan terhindar dari keriput.

Menguatkan tulang

Kandungan kalsium, tembaga, seng, dan magnesium amatlah penting untuk menguatkan tulang.

Menyembuhkan masalah gigi

Berkumur dengan minyak wijen merupakan pengobatan tradisional yang sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mulut. Sebabnya, minyak ini bermanfaat dalam menghilangkan plak gigi.

Menghaluskan rambut

Selain untuk mempercantik kulit, mengoleskan minyak wijen di atas rambut juga berguna untuk menghaluskan tekstur rambut dan mencegah munculnya uban.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved