Sulit Berhenti Merokok, Ini Alasannya !

Tanggal: 21 Des 2017 12:56 wib.
Rokok merupakan salah satu aktivitas yang sulit untuk dihentikan. Banyak orang terutama para pria yang tidak bisa lepas dari rokok. Mereka bahkan rela untuk menunda makan hanya untuk merokok. Mereka mengatakan jika tidak bisa jauh dari rokok dan bahkan ada juga yang menghabiskan rokok berbungkus-bungkus hanya dalam waktu satu hari.

Mengapa banyak orang yang sulit untuk berhenti merokok?

Rokok mengandung bejuta-juta zat berbahaya didalamnya, salah satunya yaitu nikotin. Nikotin merupakan zat yang memberi efek samping ketergantungan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Ini merupakan salah satu alasan mengapa orang tidak bisa berhenti merokok.

Fuad Braja selaku aktivis penanggulangan masalah tembakau dan terapis berhenti merokok mengatakan jika efek dari nikotin akan mempengaruhi kinerja otak seseorang.

"Kenapa susah berhenti? Ya karena zat nikotin di otak minta terus. Orang ngerokok itu karena kecanduan nikotin, karena setiap hari diasup ya dia harus asup terus, klo nggak diasup bt, sumpek, ga bisa mikir," ujarn Fuad.

Fuad juga mengatakan saat seseorang memutuskan untuk berhenti merokok maka nikotin yang sudah ada di dalam otaknya akan berangsur-angsur menghilang dan sebaliknya jika orang tersebut terus menerus merokok maka nikotin yang ada di otak akan bertahan pula. "Dua hingga tiga hari nikotin dalam darah perokok sudah ga ada, tapi efek di otaknya lama," tuturnya.

Faktor eksternal juga sangat mempengaruhi seseorang untuk berhenti merokok. Harga jual rokok yang relatif murah dan dapat dibeli secara eceran menjadi salah satu faktornya. "Apalagi bisa dibeli eceran. Hampir semua dunia sudah mengendalikan masalah ini, harganya mahal, iklan (rokok) tidak ada, tempat terbatas, gambar bungkus rokok menyeramkan," ungkap Fuad.

Ada dua hal yang dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok yaitu niat dan motivasi yang cukup kuat. "Orang berhenti merokok itu karena dua hal, kuncinya niat dan motivasi. Kalau niat semua perokok ingin berhenti, motivasi ini yang melengkapinya," imbuhnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved