Sulit Bangun Pagi? Coba Tips Berikut

Tanggal: 6 Mar 2018 01:43 wib.
Bagi sebagian orang khususnya mahasiswa, bangun awal di pagi hari merupakan yang sulit untuk dilakukan. Merasa kesulitan untuk bangun dari tempat tidur karena masih merasa ngantuk dan ingin melanjutkan tidur padahal pada pagi hari ada aktivitas yang harus dikerjakan.

Terlebih lagi jika memiliki kebiasaan begadang di malam hari, pastinya akan telat bangun di pagi hari. Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan bangun selalu kesiangan. Sebagian orang bangun siang disebabkan beberapa faktor seperti jadwal kuliah atau jam shift kerja yang bukan pagi hari. Namun, tidak selamanya kamu berada pada posisi dimana kamu memiliki jadwal aktivitas selalu di siang hari. Ada kalanya kamu harus bangun pagi. Mungkinkah itu karena janji bertemu dengan seseorang, jadwal ujian, jadwal untuk rekreasi dan sebagainya.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu mulai mencoba belajar bangun lebih awal di pagi hari agar kamu bisa menikmati segar dan sejuknya udara pagi hari. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba lakukan agar kamu memiliki kebiasaan bangun lebih awal di pagi hari.

 


Jangan begadang


Sudah bukan rahasia lagi bahwa waktu tidur normal yang baik untuk kesehatan fisik dan mental sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya. Itu artinya ketika kamu memaksakan diri untuk begadang maka bisa dipastikan durasi tidurmu menjadi berkurang.

Meskipun sudah menentukan jam berapa harus bangun, begadang akan membuat kita merasa capek dan susah bangun dari tempat tidur. Jika dipaksakan untuk bangun, kemungkinan kita akan merasa tidak fresh atau semangat. Untuk itu, usahakanlah jangan begadang saat malam hari kecuali untuk tugas yang benar-benar tidak bisa ditunda, supaya kamu bisa bangun pada pagi hari lebih awal.


Jangan letakkan Alarm di dekat anda


Sebagian besar orang meletakkan alarm tepat di samping tempat tidurnya. Namun sadarkah kamu bahwa dengan menaruh jam alarm di dekatmu itu akan memancingmu untuk tetap tidur walau seharusnya itu saatnya kamu bangun.

Mengapa bisa demikian? Karena kemungkinan kita akan menekan tombol snooze saat alarm kita berdering dan lanjut tidur lagi. Sebelum tidur, letakkan alarm atau ponsel anda (jika alarm dari ponsel) jauh dari jangkauan tanganmu. Jangan lupa untuk menambah volume dering jika letak alarm-nya lumayan jauh. Ini akan membuat kita tidak nyaman dengan suara dering alarm dan terpaksa bangun untuk mematikan alarm tersebut sehingga tidak membangunkan orang lain.


Selalu minum air sebelum tidur


Jika kita minum air sebelum tidur, kita akan merasa kebelet di pagi hari dan terpaksa bangun untuk buang air kecil. Akan tetapi, usahakan untuk tidak minum terlalu banyak air karena kemungkinan kita bisa terbangun di jam-jam yang masih dini (jauh dari jam bangun yang kita tetapkan).


Jika sudah bangun, langsung bangun


Jika kita sudah buka mata atau dalam keadaan sadar, jangan bergolek-golek lagi. Ini akan mencegah kita untuk tidur lagi. Mulailah untuk bangun dan duduk sebentar  di kasur kemudian pergi cuci muka dan mandi agar tidak mengantuk lagi.


Biasakan diri untuk bangun tepat waktu


Jika kita sudah bisa bangun tepat waktu, biasakan untuk selalu bangun tepat waktu juga setiap hari. Jam tubuh kita akan secara otomatis menyesuaikan jam bangun pagi kita. Jika sudah terbiasa, tidak menutup kemungkinan kita akan terbangun pada waktu yang tepat tanpa harus mengandalkan alarm lagi.


Agendakan aktivitas yang menyenangkan di pagi hari


Jika anda memiliki kegiatan yang bisa membuat anda bahagia, jadwalkan di pagi hari. Anggaplah bahwa hari ini adalah hari yang bahagia. Anda akan merasa lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan tersebut dan mau tak mau harus bangun pagi lebih awal.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved