Studi: Asupan Gula Tinggi Bahkan Merugikan Pria Sehat

Tanggal: 10 Okt 2017 16:47 wib.
Penelitian baru menunjukkan bahwa berlebihan pada gula dapat membahayakan hati orang sehat. Peneliti Inggris menemukan bahwa makanan kaya gula dikaitkan dengan tingkat lemak yang tidak sehat dalam darah dan hati.

Intinya, kata pemimpin peneliti Bruce Griffin, adalah bahwa "mengkonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat mengubah metabolisme lemak Anda dengan cara yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular Anda."

Griffin adalah profesor metabolisme nutrisi di University of Surrey di Guildford, Inggris.

Salah satu ahli gizi A.S. tidak terkejut dengan temuan tersebut.

"Studi ini menawarkan alasan lain yang sah untuk mengurangi gula," kata Dana Angelo White. Dia adalah ahli diet dan asisten profesor klinis kedokteran olahraga di Quinnipiac University di Hamden, Conn.

"Selain menumpuk kalori kosong, gula menciptakan kerja metabolik lebih banyak untuk hati," catatnya.

Dalam studi tersebut, tim Griffin melacak kesehatan hati sekelompok pria paruh baya dengan kadar lemak tinggi (11 orang) atau rendah (14 laki-laki) di hati mereka.

Kelebihan akumulasi lemak di hati dianggap tidak sehat, dan pria dengan kadar lemak tinggi sudah memiliki kondisi yang dikenal sebagai penyakit hati berlemak non alkohol (NAFLD). Menurut American Heart Foundation, NAFLD terkait dengan obesitas dan mempengaruhi seperempat orang Amerika.

Orang-orang diminta untuk mengikuti salah satu dari dua diet: diet tinggi gula, mengkonsumsi gula sebanyak 650 kalori setiap hari selama tiga bulan; atau diet rendah gula yang mengandung tidak lebih dari 140 kalori gula per hari.

Para peneliti menemukan bahwa peserta NAFLD yang mengikuti diet tinggi gula mengembangkan perubahan metabolisme lemaknya - proses dimana tubuh memecah lemak dalam darah dan menggunakannya untuk energi. Perubahan tersebut diketahui terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke yang lebih besar, tim peneliti mengatakan.

Tapi perubahan serupa juga dicatat di hati pria sehat yang memiliki tingkat lemak hati rendah saat penelitian dimulai.

Dalam kelompok ini, pria mengembangkan kadar lemak ini lebih tinggi di hati setelah beralih ke diet tinggi gula. Para peneliti juga menemukan perubahan metabolisme lemak mereka yang serupa dengan pria yang sudah memiliki NAFLD.

"Temuan kami memberi bukti baru bahwa mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak dapat mengubah metabolisme lemak Anda dengan cara yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular Anda," kata Griffin dalam siaran pers universitas.

Penulis penelitian mengatakan temuan mereka terutama berkaitan karena prevalensi NAFLD meningkat di antara anak-anak maupun orang dewasa.

"Sementara kebanyakan orang dewasa tidak mengkonsumsi kadar gula tinggi yang kami gunakan dalam penelitian ini, beberapa anak-anak dan remaja dapat mencapai kadar asupan gula ini dengan mengkonsumsi minuman bersoda berlebihan dan permen," kata Griffin. "Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan masa depan populasi yang lebih muda, terutama mengingat prevalensi NAFLD yang sangat tinggi pada anak-anak dan remaja, dan peningkatan eksponensial penyakit hati fatal pada orang dewasa."

Dr. Rachel Bond membantu mengarahkan Kesehatan Jantung Wanita di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City. Mengkaji temuannya, dia mengatakan bahwa kesimpulan penelitian bahwa makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung adalah sesuatu yang tidak dapat kita abaikan. Dalam praktik saya, saya menekankan bahwa bahkan sesendok gula pun, walaupun secara berlebihan, bisa berpotensi membahayakan hati seseorang. "

Namun White menambahkan bahwa tidak selalu mudah melacak berapa banyak gula yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

"Sangat sulit bagi konsumen untuk menilai berapa banyak gula yang mereka konsumsi, karena ditemukan di banyak tempat tak terduga," jelasnya.

"Gula tidak hanya ditemukan di permen, soda dan biskuit, ada dalam saus dan bumbu, dan banyak makanan ringan juga mengepakkan gula ke dalam makanan sehari-hari," kata White, jadi "memeriksa daftar bahan untuk mengurangi asupan gula adalah harus."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved