Sering Ngiler Saat Malam Hari? Atasi dengan Cara Berikut

Tanggal: 2 Jun 2018 15:09 wib.
Sebagian besar orang pasti pernah ngiler saat tidur, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kenapa bisa ngiler? Karena sepanjang malam saat tidur sebagian besar fungsi tubuh akan berhenti sementara, kecuali otak, paru-paru, dan jantung tetap bekerja seperti biasa.

Air liur tersebut diproduksi oleh kelenjar liur yang kemudian dikendalikan oleh otak. Perlu diketahui bahwa otak terus bekerja sepanjang waktu bahka ketika sedang mimpi sekalipun. Nah, ketika air liur terus diproduksi dan memenuhi mulut maka keluarlah hingga beluber dari mulut dan hal itu terjadi karena otot mulut tidak bekerja untuk mencegah keluarnya air liur dari mulut.

Meski ngiler itu sebenarnya wajar, namun tentu saja tidak menyenangkan bukan kalau sempat dilihat teman sedang ngiler? Nah, segala sesuatu pasti ada cara mengatasinya, berikut cara mengatasi ngiler saat tidur.

Posisi tidur

Jika selama ini  tidur Anda terbiasa tidur menyamping ataupun tengkurap, maka mulai sekarang ubahlah posisi tidur Anda dengan posisi telentang. Untuk mempertahankan posisi tidur Anda terjaga, letakkan guling atau bantal di kedua sisi tubuh Anda. Secara logikanya, dengan posisi tidur telentang dapat membantu mulut menampung air liur Anda sepanjang malam karena bantuan gaya gravitasi.

Minum obat alergi dan sinus

Jika Anda mengalami infeksi pilek, sinus, dan alergi yang dapat mengganggu waktu tidur Anda hingga membuat ngiler saat tidur di malam hari, cobalah minum obat alergi dan sinus sebelum tidur.  Anda bisa mendapatkan obatnya di apotek-apotek terdekat.

Kurangi konsumsi makanan manis

Diketahui bahwa makanan yang terlalu manis dapat membuat produksi air liur lebih banyak. Akibatnya semakin banyak Anda memakan makanan manis akan semakin banyak pula produksi air liur yang akhirnya bikin ngiler saat malam hari.

Konsultasi ke dokter

Jika kondisi ngiler Anda tidak lagi biasa dan sangat berlebihan, maka jalan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter. Jangan tunggu sampai terjadi sesuatu penyakit yang lain baru memeriksa ke dokter. Biasakan pola hidup yang lebih baik mencegah daripada mengobati.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved