Saat Hamil, Inilah Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Tanggal: 2 Mei 2018 00:23 wib.
Wanita patut berbangga karena berperan dalam menyiapkan lahirnya seorang calon pemimpin dan orang berguna di masa depan. Untuk itu, ia dianugerahi sistem reproduksi yang mendukung terjadinya proses penerus generasinya.

Kehamilan sebagai periode emas

Penyakit masa dewasa diprogram sejak dalam rahim. Pada periode kritis tertentu, apabila janin mengalami gangguan pasokan nutrisi atau oksigen dan yang lain maka sel-sel janin akan mengadakan adaptasi yang menyebabkan perubahan permanen sifat-sifatnya. Perubahan ini akan terbawa sampai masa dewasa yang berdampak pada mudah timbulnya penyakit diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Dari tiga penyakit pada awalnya, sekarang ternyata sudah belasan penyakit yang kemungkinan besar terprogram sejak dalam rahim.

Selama ini, periode emas perkembangan otak manusia adalah dua tahun pertama setelah lahir. Temuan ini membuktikan bahwa periode emas adalah 266 hari dalam rahim ditambah dua tahun setelah lahir. Tahun-tahun pertama setelah lahir terjadi pertumbuhan sel otak yang luar biasa.

Oleh karena itu, disarankan agar proses kehamilan pun perlu dipersiapkan dan diperkaya lingkungannya. Proses kehamilan sama pentingnya untuk dijaga seperti menyiapkan proses persalinan. Namun lebih jauh lagi pada dasarnya menyiapkan kehamilan berarti sekaligus menyiapkan cucu, karena kualitas generasi berikut juga tergantung kualitas bibit cucu terbentuk sejak dalam rahim.

Sayangnya, hingga kini banyak ditemui angka kasus kematian wanita saat melahirkan di negeri ini masih cukup tinggi. Banyak penyebabnya, seperti terjadi pendarahan yang tidak normal, terlambat ditangani, dan masih banyak lagi. Penyebab paling mendasar, masih adanya ketidaksetaraaan gender untuk mendapat hak pemenuhan kesehatan bagi kaum wanita.

Bahkan sebagai contoh apabila sepasang suami istri lama tidak memiliki anak, yang kerap dianggap sebagai penyebab adalah si istri sehingga dia harus memeriksakan kesehatan sistem reproduksinya. Padahal bisa saja kondisi itu disebabkan oleh kualitas sperma suami yang tidak bagus.

Pemenuhan hak janin

Upaya pengkayaan lingkungan pada dasarnya adalah pemenuhan hak individu yaitu dengan memperkaya lingkungannya selama hamil, mencapai defirosi sehat untuk bayi dalam rahim atau baru lahir, dan disarankan cuti melahirkan satu tahun.

Beberapa temuan di bidang kesehatan membuktikan di dalam rahim, janin tidak hanya diam saja namun begitu banyak kegiatan yang dilakukan bersama dengan tumbuh kembangnya termasuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Maka, untuk membantu janin mendapatkan hak individunya dengan tepat, sekaligus mengembangkan potensi kecerdasan otak janin, tak pelak lagi memperkaya lingkungannya selama dalam kandungan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan stimulasi.

Nutrisi dan stimulasi

Terkait masalah stimulasi untuk janin dalam rahim untuk mendapatkan generasi baru yang lebih sehat dan cerdas, stimulasi yang baik diberikan pada janin adalah memperdengarkan musik klasik, mendengarkan suara orangtuanya saat bicara, yang bersinergi dengan pemberian nutrisi.

Untuk kedua stimulasi yang disebutkan dapat membantu merangsang pertumbuhan sel otak janin yang mendukung kelak potensi kecerdasannya dan membuat janin merasa lebih nyaman dan tenang saat mendengar suara orangtuanya. Hal lain yang didapat ialah hubungan emosional yang lebih erat antara ibu dan janin.

Untuk pemberian nutrisi, para ibu tentu dapat memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatan dirinya dan si buah hati dalam kandungan. Nutrisi yang mengandung Kolin, DHA, dan Asam Folat dapat membantu perkembangan sel otak janin agar lahir sehat dan cerdas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved