Rebusan Daun Salam Ampuh Turunkan Kolestrol

Tanggal: 29 Jun 2018 14:26 wib.
Rebusan Daun Salam Ampuh Turunkan Kolestrol  

Daun salam adalah salah satu bumbu dapur yang biasa dijadikan bahan penyedap dalam masakan. Namun ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa daun salam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kolesterol.

Dikutip dari National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi daun salam dapat menurunkan kolesterol total sekitar 20 hingga 24 persen. Hasil tersebut didapatkan setelah 30 hari mengonsumsi daun salam.

Manfaat daun salam ini dibuktikan melalui peamatan pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi daun salam, dapat meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) alias kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga 29 persen.

Daun salam sendiri kaya akan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, dan magnesium. Selain itu, daun salam juga mengandung asam caffeic, eugenol, quercetin, dan catechin.

Untuk merasakan khasiat daun salam dalam menekan kadar kolesterol, Anda dapat menjadikannya sebagai minuman. Anda bisa mengolah sejumlah daun salam menjadi teh untuk dikonsumsi sehari-hari.

Teh daun salam dapat dibuat dengan cara merebusnya dengan air. Ambil 10-15 daun salam, kemudian cuci daun salam hingga bersih. Kemudian rebus daun salam yang sudah bersih dengan 3 gelas air dan biarkan hingga air yang tersisa hanya 1 gelas. Setelah dingin lalu saring rebusan daun salam dan minumlah di malam hari.

Wah, siapa sangka bumbu dapur yang mudah didapatkan seperti daun salam ternyata memiliki  manfaat untuk kesehatan. Dengan rutin meminum rebusan daun salam kolesterol Anda bisa terkontrol dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved