Punya Masalah Lambung? Hindari Kopi Saat Perut Kosong Ya

Tanggal: 17 Nov 2017 09:49 wib.
Banyak orang yang terbiasa meminum kopi di pagi hari saat mereka belum makan apapun.

Apakah kebiasaan ini tidak berbahaya?

Ahli gizi Madelyn Fernstrom dan Kristin Kirkpatrick, dilansir dari Today (15/11/17), menjelaskan jawaban Ternyata efeknya akan berbeda untuk setiap individu.

"Ini adalah pilihan personal. Tiap orang harus memutuskan apakah minum kopi di pagi hari bisa mereka terima atau tidak. Faktanya ada yang tidak alami masalah, namun ada juga yang bermasalah. Yang terpenting adalah mengenal tubuh kita sendiri," papar Fernstrom.

Fernstrom menjelaskan bahwa secara alami kopi mengandung asam dan juga dapat menstimulasi produksi asam di perut. Oleh karena itu, orang dengan masalah lambung rentan terkena efek negatif dari meminum kopi saat perut masih kosong.

Jika seseorang tak alami masalah apapun saat menenggak kopi di pagi hari, ia tak mempermasalahkan kebiasaan ini. Tapi kalau ada efek negatif, sebaiknya jangan lagi minum kopi saat perut kosong.

Menurutnya, kafein tidak berhubungan dengan kandungan asam pada kopi. Jadi memilih kopi yang rendah kafein tidak berpengaruh pada masalah lambung. Yang paling tepat untuk mereka yang punya masalah asam lambung adalah memilih kopi rendah asam.

Atau bisa juga dengan mengonsumsi sedikit makanan sebelum minum kopi.

Sementara itu, Kirkpatrick menjelaskan hal ini bisa bantu kurangi gejala iritasi perut yang mungkin timbul usai menenggak kopi langsung.

Bagi beberapa orang yang sensitif kafein, minum kopi sedikit saja dapat memunculkan efek negatif. Solusi terbaiknya adalah kurangi konsumsi kopi di pagi hari atau hindari sama sekali.

Kirkpatrick menandaskan, "Saya bilang pada pasien saya, untuk semua makanan dan minuman, untuk memperhatikan tubuh mereka. Itu adalah cara terbaik untuk menentukan apakah sesuatu seperti kopi cocok Anda konsumsi atau tidak."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved