Produk Rambut yang Digunakan Oleh Wanita Kulit Hitam dapat Mempengaruhi Hormon

Tanggal: 14 Mei 2018 12:50 wib.
Banyak wanita kulit hitam menggunakan kebanyakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu hormon mereka, para peneliti memperingatkan.

Mereka mencatat bahan kimia ini bisa menjadi alasan mengapa wanita kulit hitam memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kondisi kesehatan terkait hormon tertentu dibandingkan wanita lain di Amerika Serikat.

Sebagai contoh, wanita kulit hitam mulai pubertas pada usia yang lebih muda, dan mereka memiliki tingkat yang lebih tinggi dari masalah terkait hormon seperti kelahiran prematur, fibroid rahim dan infertilitas dibandingkan kelompok wanita lain. Tingkat kanker payudara dan kanker endometrium mereka juga meningkat, menurut para ilmuwan di Silent Spring Institute di Newton, Mass.

"Bahan-bahan kimia dalam produk-produk rambut, dan produk kecantikan pada umumnya, kebanyakan belum teruji dan sebagian besar tidak diatur," kata penulis studi Jessica Helm.

"Studi ini adalah langkah pertama untuk mengungkap zat berbahaya apa yang ada dalam produk yang sering digunakan oleh wanita kulit hitam, jadi kita bisa lebih memahami apa yang mendorong beberapa masalah kesehatan yang mereka hadapi," tambahnya dalam rilis berita institut.

Helm dan koleganya menganalisis 18 produk rambut yang berbeda yang digunakan oleh wanita kulit hitam, termasuk perawatan minyak panas, poles rambut anti-keriting, kondisioner tanpa bunyi, stimulator akar, lotion rambut, dan pelentur rambut.

Sebanyak 45 endocrine disruptors terdeteksi dalam produk, dengan setiap produk mengandung antara enam hingga 30 bahan kimia. Dalam studi-studi terdahulu, pengganggu endokrin ini telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti asma, gangguan reproduksi, cacat lahir dan kanker, kata para peneliti.

Sebelas produk mengandung tujuh bahan kimia yang dilarang di Uni Eropa atau diatur di bawah California's Proposition 65. Pelepas rambut yang dipasarkan untuk anak-anak memiliki tingkat tertinggi lima bahan kimia tersebut, kata laporan itu.

Parabens, wewangian, nonylphenols dan diethyl phthalate secara luas ditemukan pada stimulator akar, lotion rambut dan rambut relaxer, sementara cyclosiloxanes lebih sering terdeteksi dalam produk anti-frizz.

Semua produk mengandung bahan kimia wangi, dan 78 persen mengandung paraben. Delapan puluh empat persen dari bahan kimia yang terdeteksi tidak terdaftar pada label produk, menurut laporan itu.

"Sayangnya, perusahaan tidak diharuskan untuk mengungkapkan semua yang ada di dalam produk mereka, jadi sulit bagi konsumen untuk membuat pilihan berdasarkan informasi," kata rekan penulis studi Robin Dodson.

Sementara bahan kimia yang dideteksi oleh para peneliti tidak unik untuk produk rambut yang digunakan oleh perempuan kulit hitam, tingkat dalam produk ini umumnya lebih tinggi daripada produk rambut lainnya, kata para peneliti.

Studi ini diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Penelitian Lingkungan.

"Perempuan kulit hitam overexposed dan kurang terlindung dari bahan kimia beracun," kata Janette Robinson Flint, direktur eksekutif kelompok nirlaba Black Women for Wellness.

"Studi ini adalah bukti bahwa produk rambut adalah sumber penting bahan kimia beracun, dan bahwa kita perlu menghilangkan risiko ini untuk melindungi kehidupan perempuan kulit hitam dan mencegah bahaya," kata Robinson Flint dalam rilisnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved