Perhatikan, Ini Tanda-Tanda Kalo Kamu Kurang Minum

Tanggal: 31 Okt 2017 13:44 wib.
Tidak ada banyak hal di dunia ini yang lebih menyegarkan daripada segelas air dingin. Terkadang segelas air sederhana bisa lebih memuaskan daripada secangkir kopi atau sekaleng soda. Meskipun demikian, terlalu banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Jika Anda mengenali tanda-tanda berikut ini pada diri Anda, sebaiknya Anda pergi dan minum segelas air putih langsung.

1. Mulutmu kering

Ini nampaknya cukup jelas. Tentu saja, kapan pun Anda merasakan perasaan lengket dan kering di mulut Anda, Anda akan mencari minuman. Tapi minuman manis hanyalah solusi sementara untuk masalah ini. Air putih akan melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan Anda, yang akan terus menjaga kelembaban mulut Anda.

2. Kulit Anda kering

Kulit Anda adalah organ tubuh terbesar Anda, jadi tentu saja perlu tetap terhidrasi. Sebenarnya, kulit kering adalah salah satu tanda awal dehidrasi penuh, yang dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar. Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh membersihkan sisa kotoran dan akumulasi minyak sepanjang hari. Jika Anda ingin mencegah jerawat, jalan pertama Anda adalah meminum lebih banyak air.

3. Anda terlalu haus

Siapa pun yang pernah mengalami mabuk bisa mengatakan bahwa, setelah bangun tidur, tubuh Anda kekurangan cukup air. Ini karena alkohol mendehidrasi seluruh tubuh, dan tubuh mengirim sinyal kehausan ke otak sampai tingkat cairan Anda kembali ke awal. Dengarkan apa yang tubuh Anda katakan; Ia tahu apa yang ia minta!

4. Mata Anda kering

Kurangnya asupan air menyebabkan mata kering dan merah (sekali lagi, teringat akan mabuk terakhir yang menabrak). Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata Anda mengering.

5. Anda mengalami nyeri sendi

Cakram tulang rawan dan tulang belakang kita terdiri dari sekitar 80% air. Ini adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga agar tulang kita tidak saling bergesekan satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda memastikan sendi Anda bisa meredam kejutan gerakan mendadak, seperti berlari, melompat, atau terjatuh.

6. Massa otot Anda menurun

Otot Anda, juga, sebagian besar terdiri dari air. Jelas, sedikit air dalam tubuh berarti lebih sedikit massa otot. Minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga tidak hanya membuat Anda terhidrasi dan nyaman, juga membawa air ke tempat yang tepat di tubuh Anda, dan mengurangi kemungkinan berkembangnya peradangan dan nyeri yang berhubungan dengan olahraga dan pengangkatan beban.

7. Anda sakit lebih lama

Air minum memungkinkan tubuh Anda untuk terus mengeluarkan racun. Organ Anda bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu seperti mesin, tapi jika Anda tidak memberi bahan bakar pada mesin dengan air, tubuh tidak bisa bekerja dengan benar. Apa yang akhirnya terjadi pada tubuh yang mengalami dehidrasi adalah organ mulai menarik air dari daerah yang tersimpan seperti darah Anda, yang menyebabkan keseluruhan masalah baru.

8. Anda merasa lelah dan lesu

Seperti yang baru saja kita sebutkan, ketika tubuh mengalami dehidrasi maka tubuh "meminjam" air dari darah Anda. Kurangnya darah terhidrasi dengan baik menyebabkan kekurangan oksigen dibawa ke seluruh tubuh. Tentu saja, kekurangan oksigen menyebabkan kantuk dan langsung kelelahan.

9. Anda mengalami masalah pencernaan

Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir di usus berkurang, sehingga asam lambung menyebabkan kerusakan besar pada bagian dalam tubuh Anda. Hal ini menyebabkan apa yang biasa kita sebut sebagai mulas dan gangguan pencernaan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved