Penyebab Darah Menggumpal Saat Haid

Tanggal: 7 Jun 2018 13:55 wib.
Tampang.com - Darah menggumpal ketika haid memang sering dialami para wanita umumnya terjadi pada hari ke 1 dan ke 2 di awal haid. Hal ini umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan, namun tetap perlu waspada pada beberapa kondisi tertentu. Darah menggumpal juga bisa menjadi suatu indikasi kondisi masalah kesehatan yang serius.

Selama siklus haid berlangsung maka lapisan rahim mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan dan jika tidak terjadi kehamilan maka ada hormon yang akan memberikan sinyal pada rahim untuk meluruh menjadi darah haid.

Gumpalan darah saat haid disebabkan pelepasan senyawa antikoagulan yang berfungsi sebagai pengencer darah terutama saat haid cukup banyak. Darah menggumpal dianggap normal jika gumpalan berukuran kecil dan hanya terjadi sekali.

Kondisi tidak normal yaitu jika darah saat haid menggumpal lebih besar dan sering muncul dan tak kunjung berkurang. Berikut kondisi yang perlu diwaspadai jika terjadi gumpalan darah saat haid :



Miom

Miom merupakan suatu tumor non-kanker yang tumbuh di dinding rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan haid lebih banyak sehingga darah haid menggumpal.

Keguguran

Jika keguguran terjadi terutama di usia awal kehamilan, jaringan yang keluar dapat terlihat seperti gumpalan darah dan bisa juga terjadi perdarahan.

Ketidakseimbangan hormon

Jika terlalu banyak atau sedikit hormon estrogen dan progesteron maka bisa terjadi perdarahan menstruasi yang tidak wajar.

Kanker

Kanker serviks dan kanker rahim dapat ditandai adanya perdarahan hebat yang disertai gumpalan. Perdarahan dapat timbul di luar dari siklus menstruasi atau setelah berhubungan seksual.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved