Peneliti Temukan Molekul Pencegah Tumor Otak

Tanggal: 18 Agu 2017 08:45 wib.
Peneliti dari University of Portsmouth's Brain Tumour Research Centre of Excellence telah mengidentifikasi molekul yang bertanggung jawab atas sel kanker paru-paru metastatik yang mengikat pembuluh darah di otak.

Agar sel kanker masuk ke otak, ia harus terlebih dahulu mengikat sel yang melapisi struktur yang memisahkan darah dari otak yang disebut blood-brain barrier (BBB). Informasi tentang faktor-faktor yang terkait dengan proses ini dapat memberikan cara untuk mencegah sel-sel kanker mengikat BBB dan menyerang otak.

Dua puluh sampai 40 persen pasien dengan kanker paru-paru (NSCLC) terserang metastasis otak.

Penelitian yang didanai oleh Brain Research Tumor dan dilakukan oleh para peneliti di UK Center of Excellence di University of Portsmouth, meneliti faktor-faktor yang ada pada permukaan sel NSCLC. Sel-sel ini memiliki faktor yang berbeda pada permukaannya yang menentukan bagaimana "melengket" sel dan apakah mereka bertanggung jawab untuk menengahi sel kanker yang mengikat dinding pembuluh darah.

Salah satu faktor ini adalah molekul yang disebut CD15s. Sementara itu pada sejumlah jenis sel dalam tubuh, hal ini dinyatakan pada tingkat yang lebih tinggi pada sel tumor metastatik, termasuk yang telah menyebar dari paru-paru. Hal ini hanya hadir pada tingkat rendah pada sel kanker paru-paru yang tidak metastasis dan tetap berada di dalam paru-paru.

Para ilmuwan memeriksa apa yang CD15s mengikat pada dinding pembuluh darah dan mengidentifikasi faktor lain yang disebut CD62E. Para periset kemudian menggunakan alat khusus untuk memblokir CD15 di permukaan sel tumor, dan ini mencegah sel NSCLC menempel ke pembuluh darah. Mereka juga menggunakan model yang mensimulasikan sel kanker yang mengalir melalui pembuluh darah, dan mendapat hasil yang sama. Jadi, menghalangi sifat perekat CD15s dapat menyediakan alat untuk mencegah pembentukan kanker sekunder.

Profesor Geoff Pilkington, rekan penulis studi dan Kepala Pusat Penelitian Tumor Otak, mengatakan: "Meskipun pekerjaan ini masih pada tahap awal, kami telah menunjukkan elemen kunci yang terkait dengan sel tumor yang mengikat pembuluh darah dan ini dapat memberikan Target pengembangan obat masa depan untuk mencegah perkembangan tumor sekunder di otak. Meningkatkan pemahaman kita tentang sifat perekat tumor juga dapat membantu mengembangkan pengobatan baru untuk menghentikan perkembangan dan penyebaran tumor otak primer. "

Sifat perekat sel kanker memainkan peran kunci dalam pembentukan dan perkembangan tumor. Sementara sel-sel dalam tumor tingkat rendah mengikatnya sangat erat, sel menjadi kurang perekat saat tumor menjadi ganas. Hal ini sangat penting bagi sel tumor yang kemudian menyebar ke jaringan syaraf sekitarnya.

Memahami lebih banyak tentang faktor-faktor yang memediasi adhesi sel adalah kunci untuk identifikasi terapi baru yang potensial.

Selain tumor primer yang dimulai di otak, tumor sekunder atau 'metastasis' yang berasal dari tempat lain dan yang bermigrasi ke otak telah menjadi fokus studi baru ini. Tumor otak sekunder kemungkinan besar berasal dari payudara, paru-paru atau kulit (melanoma). Ketika mereka memasuki otak, mereka umumnya membentuk beberapa tumor dan bisa sangat sulit diobati. Biasanya, pengobatan memerlukan radiasi seluruh otak yang sangat beracun dan waktu bertahan rata-rata hanya 3-6 bulan sejak diagnosis, dengan kurang dari 20 persen pasien bertahan lebih dari satu tahun. Jika orang yang tumornya cenderung menyebar ke otak bisa diidentifikasi, peneliti mungkin bisa mencegah hal ini terjadi.

Penelitian ini telah dipublikasikan di International Journal of Molecular Sciences.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved