Otak Kita Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Tanggal: 18 Agu 2017 09:34 wib.
Seperti bagian tubuh lainnya, otak Anda berubah setiap tahun. Sejak kita masih bayi, otak kita beradaptasi, belajar, membuat kenangan dan banyak lagi. Kita menjadi lebih pintar dan tajam, mendapatkan kebijaksanaan yang benar-benar hanya hadir dengan pengalaman hidup. Efek yang kurang diinginkan dari perjalanan waktu pasti bisa dirasakan juga.

Begitu kita mencapai usia akhir dua puluhan, proses penuaan otak dimulai dan kita mulai kehilangan neuron - sel yang membentuk otak dan sistem saraf. Pada usia enam puluhan, otak kita benar-benar mulai menyusut. Meskipun perubahan otak ini mungkin terdengar agak menakutkan, prosesnya alami dan itu terjadi pada semua orang.

Dari Lahir sampai Balita

Anda terlahir dengan keterampilan bertahan dasar, refleks dan sebagian besar dari 100 miliar neuron yang Anda miliki selama masa hidup Anda. Otak tumbuh sangat pesat selama tahun-tahun awal ini. Neuron menjadi lebih besar, bekerja lebih efisien dan - sebagai akibat masukan dan rangsangan lingkungan - membuat triliunan koneksi yang menyempurnakan segala hal mulai dari pendengaran hingga penglihatan. Pada usia dua tahun, otak Anda berukuran sekitar 80 persen dari ukuran dewasa.

Usia Masa Awal Anak-Anak sampai Pertengahan Anak-Anak

Sekitar 85 persen perkembangan otak telah terjadi sekarang, termasuk kecerdasan, kepribadian dan motor dan keterampilan sosial. Otak anak memiliki sinapsis dua kali lebih banyak sebagai otak orang dewasa. Dalam proses yang disebut pemangkasan, koneksi saraf yang digunakan dan diperkuat paling sering - seperti yang digunakan untuk bahasa - diperkuat, sementara yang tidak dimanfaatkan sebagai banyak gagal dan mati. (Itulah sebabnya orang tua sering didorong untuk mengulang aktivitas tertentu, seperti membaca buku, bersama anak-anak mereka setiap hari.)

Remaja

Pada titik ini otak mencapai berat badan dewasa sekitar tiga kilogram. Peningkatan aktivitas di lobus frontal memungkinkan remaja membandingkan beberapa konsep sekaligus.

20-an

Daerah di lobus frontal yang bertanggung jawab atas penilaian, perencanaan, penimbangan risiko dan pengambilan keputusan akhirnya selesai dikembangkan. Otak dua puluh satu telah mencapai puncaknya dalam hal kinerja.

Akhir 20-an sampai awal 30-an

Penalaran, keterampilan spasial dan kecepatan berpikir mulai menurun sekarang. Seiring bertambahnya usia, otak Anda mengalami perubahan yang dapat memperlambat pemikiran Anda: Kehilangan volume, korteks menjadi lebih tipis, selubung mielin yang mengelilingi serat neuron Anda mulai terdegradasi, dan reseptor otak Anda tidak menyala dengan cepat.

Pertengahan 30-an

Siapa nama wanita itu, lagi? Di usia 30an Anda, ingatan mulai tergelincir saat jumlah neuron di otak menurun. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk mempelajari hal-hal baru atau menghafal kata atau nama. Proses ini berlanjut dalam beberapa dekade ke depan.

40-an dan 50-an

Dari usia pertengahan 40an sampai akhir 50an, kemampuan penalaran Anda lambat. Dalam sekelompok orang yang pertama kali diuji pada berbagai kemampuan mental saat berusia 45-49 tahun, keterampilan penalaran menurun sebesar 3,6 persen selama 10 tahun, menurut penelitian di British Medical Journal. Peserta kelas menengah juga mengalami ketajaman ingatan dan kefasihan verbal - kemampuan untuk mengucapkan kata-kata dengan cepat dalam kategori tertentu. Pada sisi positifnya, ukuran kognisi lainnya - seperti pembuatan keputusan moral, mengatur emosi dan membaca situasi sosial - telah terbukti membaik dimulai dengan usia paruh baya. Para ahli menduga bahwa hanya menjalani hidup dan mendapatkan pengalaman pantas mendapat pujian. (Bonus fakta: Dimulai pada sekitar usia 40, orang cenderung mengingat gambar positif lebih dari yang negatif-tren yang berlanjut sampai setidaknya berusia 80.)

60-an

Otak telah mulai menyusut dalam ukuran dan, setelah seumur hidup memperoleh pengetahuan yang terkumpul, otak menjadi kurang efisien dalam mengakses pengetahuan itu dan menambahkannya. Faktor risiko terbesar untuk Alzheimer adalah usia lanjut, dan kebanyakan individu dengan penyakit ini berusia 65 atau lebih. Anehnya, ketika orang Alzheimer menyerang orang berusia 60an dan 70an, mereka menunjukkan tingkat kehilangan jaringan otak dan penurunan kognitif yang lebih cepat dibandingkan pasien berusia 80 tahun ke atas, menurut para periset di University of California, San Diego School of Medicine. Periset tidak yakin mengapa Alzheimer lebih agresif pada pasien yang lebih muda, namun menduga bahwa orang yang mengalami gejala di kemudian hari mungkin memiliki kasus yang lebih ringan - atau kasus yang memakan waktu lebih lama untuk diungkapkan.

70-an dan 80-an

Risiko Anda terkena penyakit Alzheimer meningkat seiring bertambahnya usia, mencapai 50 persen pada usia 85 tahun. Periset tidak yakin mengapa risikonya melonjak begitu dramatis seiring bertambahnya usia, tapi mungkin saja penyakit ini terkait dengan peradangan, bagian alami dari penuaan yang dapat menyebabkan Untuk membangun-up deposito di daerah-daerah seperti hippocampus, bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk kenangan baru. Deposito ini juga bisa mengganggu ingatan jangka panjang. Seiring dengan penuaan, banyak ahli berpikir bahwa gen dan gaya hidup berkontribusi pada mayoritas kasus Alzheimer dan demensia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved