Orang yang Mengidap 11 Masalah Kesehatan Ini Tidak dianjurkan Puasa

Tanggal: 14 Mei 2018 12:06 wib.
Tampang.com - Tinggal menghitung hari lagi bulan puasa akan segera datang. Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu umat Islam. Selama bulan Ramadhan, umat muslim akan menjalankan puasa wajib selama 30 hari agar bisa kembali "suci" pada saat Lebaran nanti.

Namun, ada beberapa orang yang memang tidak dianjurkan berpuasa bahakan tidak boleh berpuasa karena alasan kesehatan. Secara medis ada beberapa kelompok pasien yang tidak dibolehkan berpuasa dan hal ini disampaikan oleh dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Ari Fahrial Syam.



Berikut daftarnya :

1. Orang yang sedang infeksi akut seperti mengalami radang tenggorokan berat, diare akut, muntah, mual dan demam tinggi.

2. Orang dengan gangguan pernafasan akut seperti asma akut, dan penyakit paru obstruksi kronis yang berat.

3. Orang dengan gangguan liver kronis lanjut.

4. Orang tua usia lanjut yang mengidap piku (Alzheimer).

5. Orang dengan gagal ginjal kronis dan sedang menjalani cuci darah.

6. Paisen yang sedang di rawat di rumah sakit dan dalam kondisi di infus, baik infus cairan atau makanan dan pasien yang sedang mendapat tranfusi darah.

7. Orang yang mengidap migrain atau vertigo dengan syarat kondisinya akan bertambah buruk jika tidak makan atau minum obat.

8. Pasien yang mengidap penyakit jantung atau gagal jantung.

9. Pasien kanker yang sedang dalam masa pengobatan atau belum diobati.

10. Pasien diabetes dengan kondisi gula darahnya belum dikontrol atau sudah terkontrol tapi kebutuhan insulin masih tinggi lebih dari 30 U per hari.

11. Orang yang mengidap maag dan sedang dalam keadaan akut seperti muntah-muntah dan nyeri hingga keluar keringat dingin.

Nah jika Anda mengalami kondisi seperti diatas lebih baik segera konsultasikan ke dokter jika ingin ikut puasa saat bulan Ramadhan nanti agar tidak terjadi masalah kesehatan yang lebih buruk.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved