Olahraga Baik Untuk Ibu Hamil dan Bayinya

Tanggal: 12 Sep 2017 10:57 wib.
Peneliti Spanyol telah mengklarifikasi keraguan atas aktivitas fisik yang direkomendasikan selama kehamilan. Pekerjaan mereka menyoroti bagaimana olahraga harus dilakukan tidak hanya oleh wanita sehat yang sebelumnya aktif, tapi juga merupakan saat yang tepat untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ada keuntungan jelas bagi ibu dan bayinya.

Penambahan berat badan yang berlebihan, preeklampsia, diabetes gestasional, operasi caesar, nyeri punggung bagian bawah dan inkontinensia urin adalah beberapa risiko untuk menjalani gaya hidup tidak sehat selama kehamilan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari Camilo José Cela University (UCJC), yang diterbitkan dalam Journal of American Medicine Association (JAMA), mendefinisikan pola latihan fisik selama kehamilan yang telah menunjukkan manfaat fisiologis utama bagi ibu dan bayi.

Penelitian menegaskan bahwa ada bukti ilmiah yang kuat yang menyatakan bahwa olahraga ringan selama kehamilan aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Di antara manfaat yang diyakinkan adalah: pencegahan penambahan berat badan yang berlebihan (faktor kunci dalam penularan obesitas antiretroviral) dan risiko macrosomia janin yang lebih rendah (bayi yang lahir dengan berat lebih dari 4 kilogram), preeklampsia, diabetes gestasional, operasi caesar bagian, nyeri punggung bagian bawah, nyeri pelvis dan inkontinensia urin.

Selain itu, tidak ada risiko kelahiran prematur, berat lahir rendah atau gawat janin; asalkan ibu tidak memiliki kontraindikasi medis atau kebidanan untuk latihan fisik.

Sehubungan dengan jenis latihan, durasi dan frekuensi mingguan, para ahli menekankan pentingnya menggabungkan latihan aerobik dan kekuatan dalam setiap sesi, yang harus berlangsung 45 sampai 65 menit, lebih dari tiga atau empat hari dalam seminggu.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved