Mengenal Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Tanggal: 21 Feb 2018 17:29 wib.
Tampang.com - Di Indonesia banyak sekali macam buah yang eksotik dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Salah satunya adalah buah markisa.

Markisa ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, dan serat.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak, tentunya markisa ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari laman Boldsky, berikut manfaat markisa ini.

Menyehatkan mata

Buah markisa mengandung vitamin A yang menguntungkan untuk mendukung kesehatan mata, membantu mencegah katarak, rabun senja, dan degenerasi makula.

Mendukung sistem pencernaan

Markisa begitu tinggi serat sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan dan menjaga usus tetap bersih. Buah ini juga bersifat pencahar yang akan membuat sistem pencernaanmu tetap bersih dan sehat.

Mendukung kesehatan jantung

Kandungan flavonoid dan asam fenolik di dalam arkisa membantu melindungi jantung dengan cara mengendalikan kolesterol jahat dan menyehatkan arteri.

Mengurangi tekanan darah

Kandungan potasium di dalam buah markisa bertindak sebagai vasodilator. Hal ini berarti bahwa konsumsi markisa akan menurunkan tekanan darah, mendorong kesehatan jantung, dan meningkatkan aliran darah.

Menurunkan berat badan

Setiap 100 gram markisa mengandung 97 kalori. Buah ini juga rendah sodium namun tinggi serat sehingga bisa mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu markisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Mencegah kanker

Kandungan polifenol, zat antioksidan, dan karotenoid di dalam buah markisa akan meningkatkan aktivitas anti karsinogenik dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, khususnya kanker paru-paru dan kanker mulut.

Meningkatkan imunitas

Karena buah markisa kaya vitamin C dan zat antioksidam, maka mengonsumsinya berguna untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Setiap 100 gram markisa mengandung 30 miligram vitamin C.

Menyembuhkan insomnia

Tahukah kamu bahwa minum segelas jus buah markisa asli memiliki efek menenangkan pikiran? Itulah sebabnya minuman ini bermanfaat untuk menyembuhkan insomnia.

Mengobati asma

Selain berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C di dalam buah markisa membantu meringankan gejala asma dan menenangkan serangan asma.

Menguatkan tulang

Kandungan mineral seperti tembaga, besi, fosfor, dan magnesium di dalam markisa bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Mengobati diabetes

Makan markisa bermanfaat untuk menjaga kadar insulin dan menstabilkan gula darah. Sehingga makan markisa berguna untuk mengobati diabetes.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved