Menangis Itu Tidak Buruk! Inilah Beberapa Manfaat Menangis

Tanggal: 9 Okt 2017 12:21 wib.
Menangis adalah respons alami yang manusia miliki terhadap berbagai emosi, termasuk kesedihan, kesedihan, sukacita, dan frustrasi. Tapi apakah tangisan itu punya manfaat kesehatan?

Di Amerika Serikat, wanita menangis rata-rata 3,5 kali per bulan dan pria rata-rata menangis 1,9 kali sebulan.

Artikel ini membahas mengapa orang menangis dan apa manfaat kesehatan yang mungkin dimiliki oleh menangis.

Manusia menghasilkan tiga jenis air mata:

Basal: Mata terus-menerus mengeluarkan air mata basal, yang merupakan cairan antibakteri kaya protein yang membantu menjaga kelembaban mata setiap kali seseorang berkedip.

Refleks: Ini adalah air mata yang dipicu oleh iritan seperti angin, asap, atau bawang. Mereka dilepaskan untuk menghalau iritan ini dan melindungi mata.

Emosional: Manusia meneteskan air mata sebagai respons terhadap berbagai emosi. Air mata ini mengandung tingkat hormon stres yang lebih tinggi daripada jenis air mata lainnya.

Ketika orang berbicara tentang menangis, mereka biasanya mengacu pada air mata emosional.

Manfaat menangis

Orang mungkin mencoba untuk menahan air matanya untuk tidak menangis karena mereka sebagai tanda kelemahan, namun sains menyarankan agar hal itu bisa berarti kehilangan banyak manfaat. Periset telah menemukan bahwa menangis:

1. Memiliki efek menenangkan

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa menangis mungkin memiliki efek langsung dan menenangkan diri terhadap orang. Studi tersebut menjelaskan bagaimana menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatik (PNS), yang membantu orang rileks.

2. Mendapatkan dukungan dari orang lain

Serta membantu orang menenangkan diri, menangis bisa membantu orang mendapatkan dukungan dari orang lain di sekitar mereka.

Seperti yang dipaparkan tahun 2016 ini, tangisan terutama adalah perilaku keterikatan, karena ini mendukung orang-orang di sekitar kita. Ini dikenal sebagai manfaat interpersonal atau sosial.

3. Membantu meringankan rasa sakit

Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, meneteskan air mata emosional melepaskan oksitosin dan endorfin.

Bahan kimia ini membuat orang merasa nyaman dan mungkin juga mengurangi rasa sakit fisik dan emosional. Dengan cara ini, menangis bisa membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa nyaman.

4. Meningkatkan mood

Menangis dapat membantu mengangkat semangat orang dan membuat mereka merasa lebih baik. Serta menghilangkan rasa sakit, oksitosin dan endorfin bisa membantu memperbaiki mood. Inilah sebabnya mengapa mereka sering dikenal sebagai bahan kimia "feel good".

5. Rilis racun dan mengurangi stres

Saat manusia menangis menanggapi stres, air mata mereka mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya.

Periset percaya bahwa menangis bisa mengurangi kadar zat kimia ini di dalam tubuh, yang pada gilirannya bisa mengurangi stres. Diperlukan lebih banyak penelitian ke bidang ini, untuk mengkonfirmasi hal ini.

6. Membantu tidur

Sebuah studi kecil pada tahun 2015 menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Apakah menangis memiliki efek tidur yang sama pada orang dewasa belum diteliti.

Namun, berikut bahwa efek menenangkan, meningkatkan mood, dan mengurangi rasa sakit dari menangis di atas dapat membantu seseorang tertidur dengan lebih mudah.

7. Melawan bakteri

Menangis membantu membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata saat air mata mengandung cairan yang disebut lysozyme.

Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa lisozim memiliki sifat antimikroba yang kuat sehingga bisa membantu mengurangi risiko yang disajikan oleh agen bioteror, seperti antraks.

8. Meningkatkan penglihatan

Air mata basal, yang dilepaskan setiap kali seseorang berkedip, membantu menjaga kelembaban mata dan mencegah selaput lendir mengering.

Seperti yang dijelaskan National Eye Institute, efek pelumas air mata basal membantu orang melihat lebih jelas. Bila selaput mengering, penglihatan bisa menjadi buram.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved