Manfaat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan

Tanggal: 1 Mei 2018 01:46 wib.
Kita bersyukur lahir dan besar di Indonesia karena kekayaan akan berbagai tumbuh-tumbuhan dan buahan yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak sedikit diantaranya tumbuhan yang ada di Indonesia digunakan sebagai obat. Salah satunya adalah tanaman patah tulang atau sering dikenal denga sebutan kayu potong atau kayu jaliso dan lain sebagainya.

Kaya patah tulang ini memiliki getah berwarna putih dan mengandung euplol, zat pahit, zat karet, euphorbone, taraksasterol dan juga alaktucerol yang seringkali digunakan untuk penyakit kulit dan juga mengatasi patah tulang. Manfaatnya tidak hanya itu, berikut manfaat tanaman kayu patah tulang.

 

Mengatasi Kapalan

Kapalan merupakan pengerasan dan penebalan kulit yang terjadi karena gesekan atau tekanan terlalu sering dan berlebihan. Kapalan atau callus terjadi karena tubuh bereaksi untuk melindungi bagian kulit dalam yang lebih sensitif dan umumnya terjadi pada jari, tangan, kaki dan tumit yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Untuk mengatasi kapalan ini bisa dilakukan dengan batang daun patah seperti berikut ini.

Rebus 1 genggam batang daun patah sampai mendidih dan biarkan hingga hangat.
Gunakan untuk merendam area kapalan selama 1/2 jam yang dilakukan dengan teratur.

 

Menyembuhkan Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang terjadi pada bagian kulit teratas disebabkan karena human papillomavirus atau HPV yang bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Batang tanaman patah tulang ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kutil dengan cara mencampur air rebusan batang tanaman patah tulang dan sesudah dingin dicampur dengan putih telur untuk merendam area kutil selama 1/2 jam.

 

Menyembuhkan Batuk

Batuk sebenarnya merupakan respons alami yang dilakukan tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan apabila terjadi gangguan dari luar untuk membersihkan lendir dan juga penyebab terjadinya iritasi seperti debu dan asap supaya bisa dikeluarkan dari paru paru. Tanaman patah tulang ini juga bisa digunakan sebagai solusi batuk alami yakni dengan menggunakan bagian akar yang dikeringkan.

 

Menghilangkan Tahi Lalat

Tanaman patah tulang juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang terus membesar dan menimbulkan rasa gatal. Sesudah digosok dengan air jeruk nipis, getah tanaman patah tulang bisa dioleskan pada tahi lalat dan dilakukan secara teratur sebanyak beberapa kali dalam sehari hingga tahi lalat bisa mengering.

 

Menyembuhkan Sakit Gigi

Tanaman ini juga sangat ampuh untuk menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit ketika anda sedang sakit gigi karena berlubang. Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada bagian gigi yang sakit dan lakukan 2 kali sehari. Namun perhatikan jangan sampai tertelan karena getah tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan mual, muntah dan sakit kepala.

 

Mengurangi Nyeri Persendian

Tidak hanya bisa menyembuhkan sakit gigi, getah dari tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit persendian yang biasanya dialami penderita rematik. Cara penggunaanya juga cukup mudah yakni dengan membalurkan getah tanaman pada area persendian yang sakit.

 

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Getah dari tanaman patah tulang memiliki sifat anti jamur, anti kuman dan juga anti mikroba yang sangat baik digunakan untuk megatasi berbagai penyakit kulit sekaligus mencegah penularan penyakit kulit baik dari keringat maupun air.

 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat berikutnya dari tanaman patah tulang adalah untuk membantu mempercepat proses penyembuhanluka lebih cepat. Kandungan anti bakteri pada getah tanaman ini akan menghentikan pendarahan sekaligus mencegah infeksi pada luka terbuka secara cepat.

 

Mengatasi Tumor

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan, namun tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tumor. Campur 1 tetes getah tanaman patah tulang dengan air dan gunakan campuran ini untuk membalur area tumor dan lakukan secara teratur.

 

Mencegah Kanker Payudara

Tanaman patah tulang juga merupakan salah satu solusi kanker khususnya kanker payudara secara alami yang bisa anda gunakan. Namun sebenarnya tanaman ini lebih kepada mencegah dan bukan untuk mengobati. Caranya adalah dengan mengompres area payudara dengan getah tanaman patah tulang yang sudah dicampur dengan air dan lakukan sebanyak 2 kali sehari secara teratur.

 

Mengatasi Gejala Sakit Lambung

Penyakit lambung atau gastroesophageal reflux disease adalah penyakit saluran pencernaan yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati dan sensasi seperti terbakar yang terjadi karena asam lambung naik menuju esofagus. Tanaman patah tulang ini juga bisa digunakan untuk mengatasi gejala sakit lambung, solusi maag dan juga sakit perut dengan cara menggunakan akar dan ranting yang sudah dikeringkan dan ditumbuk menjadi halus dan dikonsumsi secukupnya.

 

Mengatasi Tertancap Duri

Tertancap duri, terkena serpihan kayu atau bahkan terkena serpihan kaca juga bisa diatasi dengan menggunakan tanaman patah tulang dengan cara menggunakan getah tanaman ini. Teteskan getah pada area kulit yang terkena dan biarkan hingga mengering kemudian cabut sesuatu benda yang menancap pada kulit anda.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved