Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Buka Puasa

Tanggal: 4 Jun 2018 12:30 wib.
Tampang.com - Buka puasa dengan kurma merupakan anjuran dari Rasulullah SAW. Buah kurma yang memiliki warna hitam manis yang berasal dari Timur Tengah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat berbuka puasa dengan kurma :



1. Buang Air Besar menjadi lancar

Kurma merupakan buah yang kaya akan serat makanan sehingga mampu mencegah penyerapak kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Kandungan serat yang tinggi juga terbukti efektif melancarkan buang air besar.

2. Mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung

Kurma kaya akan potasium yaitu komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh yang akan membantu mangatur denyut jantung dan tekanan darah. Hal ini berarti kurma dapat melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan stroke.

3. Menambah energi

100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori. Jika Anda mengonsumsi buah ini saat buka puasa maka tenaga akan pulih dalam seketika.

4. Mampu mencegah penyakit berbahaya

Kurma memiliki manfaat kesehatan berupa antioksidan polifenol flavonoid. Kandungan ini berfungsi sebagai antiinfeksi, antihemoragik dan antiinflamasi. Semua fungsi itu membuat kurma menjadi menu buka puasa yang mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya.

5. Meningkatkan fungsi penglihatan

Kurma merupakan sumber penting Vitamin A yang mengandung 149 IU per 100 gram. Jumlah ini sangat penting untuk fungsi penglihatan, walaupun Anda tidak mendapat asupan selama 12 jam atau lebih saat berpuasa.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved