Manfaat Meminum Segelas Air Hangat Saat Buka Puasa

Tanggal: 5 Jun 2018 13:20 wib.
Tampang.com - Saat berbuka puasa biasanya kita akan langsung meneguk es yang memang akan terasa segar saat masuk tenggorokan. Air es memang menjadi pilihan favorit banyak orang ketika buka puasa. Namun, para ahli kesehatan tidak menyarankan untuk langsung meminum air dingin saat buka puasa. Apa penyebabnya?

Menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc, saat berpuasa maka suhu tubuh akan menurun. Jika langsung mengonsumsi air es atau air bershuh dingin maka dikhawatirkan tubuh akan kaget.

"Coba cek, sewaktu puasa, suhu tubuh kita menghangat. Sehingga akan lebih baik minum air hangat saat buka puasa," ujar Saptwati.



Suhu air dingin atau panas akan membuat tenggorokan tidak nyaman namun berbeda dengan suhu air hangat yang akan sangat nyaman di tenggorokan setelah selama belasan jam tidak minum.

Buka puasa dengan langsung meminum air dingin juga akan mempengaruhi lambung. Lambung memerlukan waktu untuk menyesuaikannya.

Saptawati juga menyarankan agar saat berbuka puasa untuk tidak berlebihan mengonsumsi minuman atau makanan manis karena tinggi kalori dan akan menjadi lemak di tubuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved