Manfaat Ikan Gabus yang Wajib Diketahui!

Tanggal: 9 Apr 2018 23:41 wib.
Tampang.com - Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan tawar yang bisa kita temukan di sungai, danau, rawa bahkan sawah. Habitatnya yang mudah di temukan dan rasanya yang enak  membuat ikan gabus digemari banyak orang.  Ikan gabus juga semakin digemari karena memiliki kandungan nutrisi dan senyawa yang melimpah dan bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfat jika mengkonsumsi ikan gabus.

 

1. Meningkatkan Albumin Dalam Tubuh

Ikan gabus diketahui sebagai ikan yang memiliki protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan lainnya.

Albumin merupakan jenis protein utama yang terdapat di dalam darah manusia.

Keseimbangan albumin dalam tubuh  sangat dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat di dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh yang dapat bersifat fatal. Jika kadar albumin dalam tubuh rendah maka dapat mengindikasi sejumlah masalah kesehatan diantaranya seperti peradangan, penyakit hati, malnutrisi, sindrom nefritis, radang usus hingga penyakit celiac.

 

2. Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan gabus dapat meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, hingga diabetes mellitus.Daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka tubuh khususnya bekas luka operasi maupun caesar. Kandungan tersebut mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru pada bagian tubuh yang telah rusak akibat operasi dan lainnya.

 

3. Menyehatkan pencernaan

Ikan gabus memiliki struktur daging yang lebih empuk sehingga sehat untuk dikonsumsi tanpa perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah dicerna. Hal tersebut lantaran ikan gabus sendiri mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terdapat didalam ternak ikan lainnya. Tepatnya hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

 

4. Baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes sering kali bingun untuk mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kalori sehari-harinya. Sebab, penderita diabetes sendiri sudah tidak diperbolehkan makan nasi putih lantaran dikhawatirkan mampu menaikan kadar gula darah. Namun ternyata dengan mengonsumsi ikan gabus bisa memenuhi kebutuhan kalori  penderita diabetes.

 

5. Baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Untuk mencapai pertumbuhan tulang dan gigi secara maksimal, tubuh sangat membutuhkan kalsium dan fosfor merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Ikan gabus mengandung kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan fosfor sekitar 70 mg/100 gram. Oleh sebab itu, daging ikan gabus sangat cocok di konsumsi oleh balita hingga lansia, agar pertumbuhan dan kepadatan tulang mereka terjaga secara maksimal.

 

6. Memperbaiki gizi buruk

Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Dalam 100 gr gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

 

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi ikan gabus. Semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved