Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

Tanggal: 24 Mei 2018 09:02 wib.
Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

 

Sukun memiliki nama latin Artocarpus Altilis. Ternyata daun tanaman yang buahnya sering disebut sebagai buah roti ini menyimpan segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Daun sukun memiliki beragam kandungan yang bagus untuk tubuh.

Berikut ulasannya.

 

1. Menjaga Kesehatan Ginjal



Daun sukun dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, karena kandungan kalium pada daun sukun dapat membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat terurai, sehingga endapan batu ginjal akan larut keluar bersama urine.

Caranya :  rebuslah beberapa daun suskun sampai mendidih, hingga airnya menjadi 1 cangkir, minumlah setiap hari secara rutin.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sukun dapat membantu menjaga jantung, karena mengandung zat phenol dan quercetin. Kedua zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah. 

Caranya : ambillah daun sukun yang sudah tua tapi masih menempel dipohon nya, cucilah dengan bersih, jemur daunnya sampai kering hingga air yang terdapat pada daun tersisa setengahnya, kemudian rebus dengan 5 gelas air, minumlah secara teratu.

 

3. Mengatasi asam urat

Manfaat daun sukun juga bisa menjadi pengobatan tradisional penyakit asam urat.

Caranya: sediakan satu genggam daun sukun yang telah dikeringkan kemudian diseduh dengan air panas atau direbus. Jika sudah dingin, air rebusan tadi diminum secara teratur.

 

4. Anti Kanker

Kanker disebabkan rusaknya sel - sel sehat dalam tubuh yang dilakukan oleh berbagai jenis zat radikal bebas. Akibatnya sel - sel yang sehat bermutasi dan bisa menyebabkan kanker. Daun sukun ternyata  mempunyai sifat yang disebut anti-inflamasi. Kandungan ini dapat mencegah kanker sedini mungkin.

Caranya : Ambillah 1 lembar daun sukun yang sudah tua cuci bersih, rebuslah dengan 5 gelas air sampai mendidih, kemudian tambahkan 5 gelas air lagi, rebuslah sampai mendidih. Setelah proses berulang - ulang, saring dan minumlah rebusan air tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved