Macam-Macam Penyakit Menular Akibat Hewan Peliharaan

Tanggal: 12 Apr 2018 12:08 wib.
Tampang.com - Memiliki hewan peliharaan dapat membuat banyak orang bahagia. Terlebih jika hewan peliharaan tersebut sangat nurut dan manja pada pemiliknya. Kucing dan anjing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara karena mudah dijinakkan dan memiliki wajah serta tingkah laku yang menggemaskan. Namun, hewan peliharaan juga bisa berbahaya karena dapat menularkan penyakit berbahaya terhadap manusia. Berikut macam-macam penyakit menular akibat hewan peliharaan:

1. Rabies

Penyakit ini umumnya dikenal dengan sebutan anjing gila yaitu penyakit yang menyerang sistem saraf dan otak manusia yang disebabkan oleh gigitan anjing.

2. Diare dan kram perut

Memegang dan memberi makan hewan peliharan dapat menyebabkan kram perut dan diare akibat perpindahan bakteri salmonella yang hidup diusus hewan peliharaan yang berpindah pada manusia. Saat masuk dalam tubuh bukan hanya kram dan diare tapi juga dapat menyebabkan infeksi gastroenteritis dan demam tifoid.

3. Toksoplasma

Penyakit ini menyerang ibu hamil yang diakibatkan oleh parasit yang ditemukan pada feses kucing.  Jika terinfeksi maka janin dapat mengalami komplikasi akut. Para wanita hamil sebaiknya rajin menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan hindari mengonsumsi sayuran hasil kebun yang tidak dimasak dan tumbuh di tempat yang biasa di datangi kucing.

4. Kurap

Penyakit ini diakibatkan oleh jamur mikroskopis yang menyebabkan penyakit kaki atlet. Gejala yang muncul pada hewan peliharaan yaitu rambut rontok pada kulit yang bentuknya melingkar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved