Kurangi Risiko Penyakit Jantung dengan Rajin Konsumsi Kacang-Kacangan

Tanggal: 16 Nov 2017 08:33 wib.
Tampang.com - Jika kamu suka ngemil, cobalah dengan mengubah makanan tersebut menjadi kacang-kacangan. Selain mengenyangkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kacang dua kali seminggu dapat mengurangi kamu terserang penyakit jantung.

Penelitian ini dilakukan dalam skala yang besar, yakni melibatkan hingga 200.000 orang. Bahkan, proses pengambilan data diambil hingga tiga dekade. Hasilnya, jenis makanan ringan ini ternyata bisa mencegah penyakit yang menjadi pembunuh terbesar di dunia.

Orang yang biasa mengemil kenari, kacang almond, hazelnut, kacang mete, pistachio, pecan, dan kacang tanah memperlihatkam hasil yang bagus dibanding responden yang jarang atau tidak pernah memakannya.

Mereka yang memakan salah satu dari kacang tersebut dua kali atau lebih dalam seminggu, sebanyak 23 dan 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskular.

Selama ini, kacang memang telah dianggap sebagai 'makanan super' karena mengandung antioksidan, protein, nutrisi, mineral dan serat tinggi.

"Temuan kami mendukung rekomendasi meningkatkan asupan berbagai jenis kacang, sebagai bagian dari pola diet yang sehat, untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada umumnya, " kata Penulis utama Dr Marta Guasch-Ferre, seorang ahli gizi di Harvard University di Boston, seperti dikutip dari laman Express.

Analisis berskala besar menunjukkan hubungan yang konsisten antara jumlah kacang yang dikonsumsi dan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Mereka yang makan lima porsi atau lebih kacang dalam seminggu memiliki 14 persen lebih rendah risiko penyakit kardiovaskular dan 20 persen lebih rendah risiko penyakit jantung koroner.

Studi yang dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology mengatakan, rekomendasi diet baru-baru ini bergeser dengan menambahkan jumlah kacang-kacangan untuk dikonsumsi.

Hal ini disebabkan komposisi nutrisi unik dari kacang-kacang yang mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular. Kacang mengandung asam lemak dan profil nutrisi yang serupa.

Dr Emilio Ros, dari layanan Endokrinologi dan Gizi di Klinik Rumah Sakit di Barcelona meninjau kembali hasil dari jurnal tersebut dan mengatakan, konsistensi mereka menunjukkan kacang benar-benar melindungi dari penyakit jantung.

"Sementara itu, kacang mentah, jika mungkin dikupas dan jika tidak diproses, dapat dianggap sebagai kapsul kesehatan alami yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam diet pelindung jantung untuk mendapatkan kesehatan kardiovaskular lebih lanjut dan meningkatkan penuaan yang sehat."

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke yang melibatkan aliran darah berkurang ke jantung, otak, atau tubuh akibat penyumbatan atau penyempitan arteri.

Penyakit jantung koroner adalah saat zat lemak di dinding arteri dan menyerang 2,3 juta orang di Inggris - menyebabkan 69.000 serangan jantung setiap tahunnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved