Korban Kanker Sering Menghadapi Rintangan Lain: Penuaan Lebih Cepat

Tanggal: 20 Des 2017 17:48 wib.
Perawatan yang membantu orang mengalahkan kanker juga dapat menyebabkan mereka menua prematur dan meninggal lebih cepat, demikian laporan periset Mayo Clinic.

Penyintas kanker secara alami menua lebih cepat daripada orang lain yang belum terkena kanker, dan lebih cenderung mengembangkan masalah kesehatan jangka panjang terkait penuaan sementara mereka masih tergolong muda, kata penulis penelitian tersebut.

Penyakit ini bisa meliputi kelainan hormon dan kelenjar, masalah jantung, tulang rapuh, jaringan parut paru-paru dan kanker baru. Korban selamat juga cenderung menjadi rapuh karena tahun-tahun berlalu.

Perkiraan harapan hidup kader kanker yang diperkirakan berusia 30 persen lebih rendah dari populasi umum, dan tiga sampai enam kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker kedua, para peneliti mencatat.

Dengan jumlah korban kanker yang tumbuh, profesi medis perlu mulai lebih memperhatikan bagaimana cara agar orang-orang ini tetap sehat selama masa menopang mereka sekarang, kata peneliti senior Dr. Shahrukh Hashmi. Dia adalah asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic di Rochester, Minn.

"Kami sekarang mulai melihat beratnya banyak komplikasi di antara korban kanker," kata Hashmi. "Ada kebutuhan penting dan segera untuk program survivor kanker formal untuk mencegah komplikasi pada jutaan penderita kanker."

Saat ini ada sekitar 30 juta penderita kanker yang selamat di seluruh dunia, namun para periset memprediksi bahwa sekitar 19 juta diagnosis kanker baru akan dilakukan setiap tahun pada tahun 2025. Banyak dari mereka akan bertahan dari kanker mereka, hanya untuk menghadapi konsekuensi kesehatan jangka panjang.

Menurut Dr. Charles Shapiro, direktur program survivor kanker di Institut Kanker Tisch di Gunung Sinai, di New York City, "Kami sekarang berjuang dengan kesuksesan kami sendiri. Ini hanya muncul sebagai hasil dari seberapa baik kami melakukan dalam hal kematian akibat kanker dan meningkatkan populasi korban selamat Sekarang kita harus menghadapi konsekuensinya .. Tentu, Anda hidup dan itu hebat, tapi ada konsekuensinya. "

Kemoterapi yang keras dan terapi radiasi membunuh sel kanker, namun juga merusak jaringan sehat normal, Hashmi dan rekannya menjelaskan. Ini mengurangi ketahanan alami tubuh.

Obat lain yang digunakan dalam pengobatan kanker juga tampaknya berkontribusi pada penuaan yang dipercepat. Obat ini bisa termasuk steroid, terapi hormon dan perawatan kanker yang ditargetkan.

Penulis penelitian tersebut mengatakan bahwa tinjauan ilmiah yang ekstensif menemukan bahwa:

- Kemoterapi, terapi radiasi dan perawatan kanker lainnya menyebabkan penuaan pada tingkat genetik dan sel, mendorong DNA untuk mulai terurai dan sel mati lebih cepat dari biasanya.
- Penerima transplantasi sumsum tulang delapan kali lebih cenderung menjadi rapuh daripada saudara kandung mereka yang sehat.
- Pengobatan steroid jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan risiko katarak, tulang rapuh, kerusakan saraf, gangguan penyembuhan luka dan respon kekebalan yang berkurang.
- Obat kanker telah dikaitkan dengan gangguan pendengaran, penurunan kadar tiroid, tekanan darah tinggi, gagal jantung, kelemahan otot, artritis, ketidaksuburan, konstipasi, dan penyakit ginjal dan hati.
- Terapi radiasi telah dikaitkan dengan demensia, kehilangan memori, arteri yang mengeras dan kanker sekunder.
Obat hormon Tamoxifen, yang digunakan untuk melawan kanker payudara, telah dikaitkan dengan katarak.
- Dan, Shapiro menambahkan, wanita yang menerima kemoterapi lebih cenderung memasuki masa menopause dini.

Sekarang ada gerakan yang sedang terjadi untuk mengurangi jumlah pengobatan yang dibutuhkan untuk mengalahkan kanker, sebagai alat untuk menghindari atau mengurangi efek penuaan ini, kata Hashmi dan Shapiro.

Studi dan uji klinis mengevaluasi cara untuk menghilangkan beberapa pengobatan untuk kanker seperti limfoma, kata Shapiro.

Korban kanker juga dapat membantu diri mereka sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat, Hashmi menyarankan - berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, makan dengan benar dan berolahraga secara teratur.

"Mengambil langkah ini akan membantu mengurangi kemungkinan perkembangan kanker baru dan perkembangan penyakit jantung," kata Hashmi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved