Khasiat Mengonsumsi Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

Tanggal: 16 Jul 2018 14:14 wib.
Tampang.com - Kolang kaling biasanya dapat dengan mudah kita jumpai saat bulan Ramadhan tiba. Kolang kaling merupakan salah satu penambah cita rasa pada sup buah dan kolak. Kolang kaling memiliki tekstur yang kenyal yang sangat lezat jika dicampur dengan buah-buahan manis sehingga sering dijadikan sajian atau takjil saat berbuka puasa.

Kolang kaling terbuat dari biji pohon aren yang direbus selama beberapa waktu kemudian direndam dengan larutan air hingga mengalami proses fermentasi. Berikut manfaat kolang kaling untuk kesehatan..



1. Membantu menjaga kekuatan tulang

Kolang kaling memiliki kalsium yang tinggi sehingga baik untuk tubuh, selain itu kalsium juga sangat dibutuhkan untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.

2. Mencegah anemia

Kolang kaling mengandung mineral zat besi yang merupakan komponen hemoglobin yang berfungsi untuk memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jumlah zat besi yang cukup dalam tubuh akan mencegah anemia.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Kolang kaling mengandung serat yang tinggi yang mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya susah buang air besar atau konstipasi. Kolang kaling juga ikut membantu proses pengeluaran zat racun dalam tubuh.

4. Mencegah dehidrasi

Kolang kaling mengandung kadar air dan serat yang tinggi serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu membantu tubuh untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved