Ketahui Kondisi Telinga Anda dari Kotorannya

Tanggal: 20 Nov 2017 21:00 wib.
 

Membersihkan telinga secara rutin merupakan salah satu bentuk usaha untuk menjaga kesehatan telinga. Namun, tidak semua dari kita tahu bahwa kotoran telinga memiliki fungsi pelindung dan bisa mengindikasikan keadaan kesehatan kita.

Anda bisa mengecek warna kotoran telinga Anda, dan inilah apa artinya.

1. Kotoran telinga dengan warna abu-abu

Jika kotoran telinga Anda berwarna abu-abu tanpa gejala lain, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mungkin hanya debu saja.

2. T Kotoran telinga dengan bekas darah

Jika Anda melihat bekas darah saat membersihkan telinga, ini bisa menunjukkan bahwa gendang telinga Anda luka. Dalam kasus ini, telinga Anda dapat terkena infeksi, yang dapat menyebabkan otitis dan akibatnya memburuknya pendengaran Anda. Itulah mengapa perlu mengunjungi dokter.

3. Kotoran telinga dengan warna coklat

Jika kotoran telinga sangat banyak dan warna lebih gelap, ini bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda telah mengalami masa-masa sulit.

Itulah mengapa Anda harus meluangkan beberapa hari di lingkungan yang tenang dan damai.

4. Kotoran telinga dengan warna hitam

Jika itu terjadi hanya sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika telinga Anda gatal, dan rasa gatal menjadi lebih kuat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur.

5. Kotoran telinga dengan warna putih

Warna putih dari kotoran telinga Anda dapat menandakan bahwa ada kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh Anda, khususnya besi dan tembaga.

Itulah sebabnya dianjurkan untuk menambahkan kacang dan oatmeal ke dalam makanan Anda. Tidak akan buruk juga jika mengkonsumsi vitamin juga.

6. Kotoran telinga dengan bau tak sedap

Jika ada bau tak sedap yang kuat dari kotoran telinga Anda, itu bisa menandakan adanya infeksi di telinga tengah Anda.

Terlepas dari baunya, Anda mungkin juga mendengar suara bising atau merasakan telinga Anda bermunculan dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki gejala ini, ada baiknya mengunjungi dokter THT.

7. Ada cairan pada kotoran telinga

Jika konsistensi kotoran telinga Anda telah berubah baru-baru ini, ini bisa menunjukkan dimulainya proses peradangan. Jika demikian, ada baiknya membuat janji dengan seorang spesialis.

8. Kotoran telinga kering

Penjelasan termudah untuk kekeringan kotoran telinga adalah kurangnya lemak di dalam tubuh Anda.

Selain itu, alasannya bisa jadi dermatitis dan penyakit kulit lainnya, yang bisa membuat kulit Anda kering.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved