Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Bisa Menjadi Berbahaya

Tanggal: 12 Sep 2017 12:48 wib.
Kita terbiasa dengan banyak kebiasaan "berguna", yang sebenarnya sangat tidak berguna. Berikut kebiasaan sehat yang tidak hanya gagal memberi hasil apapun tapi juga bisa merugikan kita.

1. Hand sanitizer

Iklan membuat kita percaya bahwa hanya sabun antiseptik dan antibakteri yang bisa melindungi kita dari penyakit. Namun, seringnya penggunaan produk ini bisa mengakibatkan munculnya kuman baru yang lebih kuat.

Menurut para ilmuwan, sabun biasa sama baiknya untuk pemakaian sehari-hari sebagai antibakteri.

2. Pemeriksaan kesehatan secara teratur

Pemeriksaan kesehatan tahunan yang ditujukan untuk memeriksa kesehatan seseorang sebenarnya tidak berguna. Bersama dengan itu, mereka biasanya cukup mahal.

Prinsip pemeriksaan klinis mengatakan bahwa lebih baik bagi pasien untuk diperiksa sesuai dengan kelompok usia mereka dan penyakit yang umum terjadi pada usia tersebut.

3. Minum vitamin

Berkat iklan, kita tahu bahwa vitamin sangat penting bagi tubuh kita dan ketidakhadirannya dapat menyebabkan reaksi yang tidak menguntungkan. Tapi kita tidak tahu bahwa mengonsumsi vitamin bisa berbahaya dalam beberapa kasus.

Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin dan memiliki beberapa kebiasaan buruk menderita penyakit serius hingga 46% lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin. Itulah mengapa Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mulai meminum vitamin.

4. Menurunkan berat badan

Beberapa peneliti mengklaim bahwa menjadi kurus tidak sebagus kelihatannya. Misalnya, mereka yang banyak makan dan tidak mengalami kenaikan berat badan justru sebenarnya memiliki lemak yang tersimpan di sekitar jantung dan hati mereka, yang bisa menyebabkan penyakit serius.

Orang kurus memiliki kesempatan lebih tinggi terkena flu selama musim dingin. Selain itu, menurut hasil lebih dari seratus proyek penelitian, orang kurus memiliki rasio risiko kematian yang sama dengan orang dengan berat ekstra.

5. Minum banyak air

Kita semua pernah mendengar bahwa kita harus minum banyak air: minimal 8 gelas sehari. Tidak ada keraguan bahwa air sangat penting untuk fungsi tubuh normal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan masalah ginjal dan pembengkakan otak. Bersama dengan itu, minum terlalu banyak air dapat menurunkan kadar elektrolit di tubuh Anda, menyebabkan kondisi serius yang disebut hiponatremia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved