Jangan Langsung Berenang Sesudah Makan Berat

Tanggal: 22 Jul 2018 20:33 wib.
Berenang memang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Sebab, dengan berenang Anda sekaligus bisa berendam di dalam air untuk menenangkan diri Anda.

Dengan berenang, kalori di dalam tubuh Anda dapat terbakar, namun tidak mengeluarkan keringat sedikitpun. Selain itu, berenang bisa juga menambah tinggi badan anda.

Namun, ada beberapa aturan yang perlu Anda hindari sebelum berenang. Misalnya, jangan makan terlalu banyak sebelum berenang dan jangan langsung berenang sesaat setelah Anda selesai makan. Kenapa hal ini dilarang? Berikut ulasan yang dilansir dari Boldsky terkait larangan langsung berenang usai makan:

1. Aliran Darah Meningkat

Pernahkah Anda merasakan jantung berdetak lebih cepat saat Anda mandi setelah selesai makan? Hal ini sama halnya dengan berenang tepat setelah selesai makan.

Setelah makan, tubuh Anda pasti akan mencerna makanan yang dibantu oleh sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Hal ini bukan berarti tak ada cukup darah untuk mengaktifkan kinerja otot Anda saat berenang. Namun, bila Anda makan berat dalam porsi yang sangat besar sebelum berenang, Anda akan mual.

2. Kram

Bukan hanya perenang saja, atlet renang pun juga bisa mengalami kram di betis, paha dan tangan ketika mereka berenang dengan sangat semangat. Berenang tepat setelah makan pun akan menyebabkan Anda kram. Sebab sebagian besar darah mengalir ke usus, sehingga jumlah oksigen yang mencapai otot pun akan berkurang dan menyebabkan otot-otot menjadi kram.

Kendati demikian, makan bukan menjadi penyebab utama, kelelahan juga bisa menjadi faktor penyebab Anda kram.

3. Jahitan

Jahitan merupakan kelainan yang disebabkan oleh kram diafragma. Pemicu awalnya adalah aliran darah yang terbatas karena tekanan dari paru-paru dan perut. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa usai Anda makan akan dilakukan proses pencernaan yang melibatkan sistem peredaran darah. Jahitan bisa menjadikan Anda mual. Jika Anda mual, keluarlah dari kolam, lalu berjalanlah sebentar untuk menghilangkan rasa mual.

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda makan sebelum berenang, namun Anda harus membatasi porsi makan Anda agar tidak berlebihan sehingga Anda tidak mual.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved