Jaga Kesehatan Mata Setelah Seharian Menatap Layar

Tanggal: 1 Mar 2018 11:51 wib.
Tampang.com - Saat ini banyak sekali pekerjaan yang menuntut para pekerja untuk menatap layar komputer seharian. Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Mata akan mengalami banyak masalah seperti kunang-kunang, penglihatan kabur dan bisa juga terkena Computer Vision Syndrom (cvs). Dikutip dari indiantimes, CVS terjadi akibat interaksi mata dengan layar digital secraa berkepanjangan. Ada beberapa cara untuk mencegah CVS agar tidak terjadi pada mata, anatar lain :

                  

1. Susun peralatan di meja dengan tepat

Jika ingin menggunakan komputer maka pastikan monitor lebih rendah dan jauh dari mata. Jarak aman paling tidak sekitar 20 hingga 28 inci dari wajah. Pastikan jika Anda tidak membuat leher dan mata menjadi kaku dan tegang saat melihat layar.

2. Duduk dengan pencahayaan yang baik

Pencahayaan ruangan juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah silau dan bayangan yang disebabkan cahaya dari luar. Jika lampu berada di atas kepala pastikan pencahayaan diatur seminimal mungkin.

3. Melatih mata

Agar mata terhindar dari iritasi atau penglihatan kabur maka lakukan latihan mata. Buat gerakan angka delapan secara horisontal dengan mata, berkedip berkali kali atau latihan untuk memfokuskan mata bisa mengurangi ketegangan pada mata.

4. Lakukan tes mata

Jika mengalami mata berair, sakit kepala dan penglihatan mulai kabur maka sudah saatnya untuk memeriksakan mata secara menyeluruh dan jangan lupa beritahukan pada dokter tentang lamanya penggunaan komputer baik di rumah maupun di kantor.

5. Perhatikan waktu di depan layar

Manfaatkan waktu di depan layar dengan bijak, jauhkan ponsel sebelum tidur dan pastikan tidak menggunakannya dalam gelap.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved