Ini Dampak yang Terjadi Ketika Kamu Kurang Tidur

Tanggal: 18 Mar 2018 22:27 wib.
Tampang.com - Jika kamu memiliki kebiasaan kurang tidur ketika malam hari, sebaiknya mulai hindari hal ini. Hal ini karena ada beberapa bahaya yang bisa menyerang kamu secara tidak sadar.

Memang, ada beberapa alasan mengapa kita terpaksa untuk begadang, salah satunya karena pekerjaan yang menumpuk mesti dibereskan.

Jika kamu tak memiliki alasan baik untuk begadang, sebaiknya hindari kekurangan tidur ini. Hal ini karena ketika kita kekurangan waktu tidur, maka metabolisme dan sistem kekebalan tubuh bisa melemah.

Tidur nyenyak sangat penting agar metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Kalau kurang tidur, pasti bisa menguras kemampuan mental Anda, serta dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Dikutip dari laman Zee News, berikut beberapa dampak yang bisa terjadi ketika kamu kurang waktu tidur.

Suasana hati terganggu

Bangun pagi sejatinya penting dihadapi siapa saja. Tapi kalau orang kurang tidur, bisa sebabkan gangguan mood. Selain itu, Anda jadi bangun terlalu siang dan mudah cemas saat beraktivitas. Itu karena dipicu hormon yang tidak stabil dan bangun dengan kondisi tubuh tidak bugar.

Bikin Anda gemuk

Kurang tidur bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori tengah malam. Perut akan terasa lapar karena metabolisme terganggu. Pasti risikonya bikin tubuh Anda cepat gemuk dan menurunkan rasa percaya diri.

Risiko serangan jantung

Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Karena manfaat tidur memainkan peran vital yang membangun metabolisme dan sistem pembuluh darah yang baik. Masyarakat modern buktinya banyak yang mengalami penyakit jantung karena kurang tidur.

Gangguan kekebalan tubuh

Kurang tidur mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan, orang yang tidak cukup tidur lebih cenderung sering sakit setelah terpapar virus. Jangan sampai kurang tidur membuat aktivitas harian Anda terganggu karena sakit.

Diabetes

Studi menunjukkan, orang yang biasanya tidur kurang dari lima jam semalam, memiliki peningkatan risiko mengembangkan diabetes. Jangan sampai hal ini terjadi, karena bisa memicu kadar gula darah Anda jadi terganggu. Pastikan Anda tidur cukup setiap hari, terutama di malam hari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved