Ini Bahayanya untuk Otak Kalau Kamu Stress Berkepanjangan

Tanggal: 23 Agu 2017 16:37 wib.
Tampang.com - Stress memang kerap melanda sebagian orang. Ada banyak hal yang menyebabkan stress melanda. Seperti gejala yang lainnya, stress yang berlangsung lama pastinya berdampak buruk pada tubuh, terutama pada otak untuk gejala stress ini.

 
Berikut hal yang dapat terjadi pada otak Anda bila stres tak kunjung hilang, seperti yang dilansir dari Readersdigest.ca, Selasa (22/8/2017).


Stress dapat terjadi akibat perkejaan di kantor, pertengkaran dengan orang rumah, atau dapat pula karena hubungan asmara yang tidak membaik.

Hal pertama yang dapat dilakukan yakni dengan mencari solusinya secepatnya. Namun, bagi sebagian orang, menyelesaikan masalah bukanlah solusi, biasanya malah berujung stress kronik.

Stress kronik akan membuat kamu berisiko depresi tinggi pada tubuh dan pikiran sehingga mengganggu keseharian kamu. Bila sedang mengalami depresi, otak akan kesulitan untuk mengatur mood, dan lebih memilih untuk berdiam diri.

Kondisi stres akan menyebabkan beberapa komposisi otak yang hilang sehingga membuat hipokampus otak menyusut beberapa saat. Hipokampus adalah bagian otak besar yang berperan untuk mengingat. Hal ini pula akan membuat daya ingat Anda melemah dan gampang lupa.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga. Luangkan waktu selama 30 menit untuk sekadar berjalan santai untuk menurunkan tingkat stres dan menaikkan mood Anda.

Selain olahraga, kamu juga dapat melakukan meditasi untuk atasi stress. Dengan meditasi, bantu kamu untuk lebih tenang dan berpikiran jernih. Memang bukan hal yang mudah untuk menenangkan pikiran Anda, tapi tidak ada salahnya untuk coba fokus dan konsentrasi.

Hal yang paling mudah dilakukan untuk atasi stres adalah dengan tidur. Kurang waktu tidur jelas akan meningkatkan hormon stres dan menjauhkan diri Anda dari mood baik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved