Ini 6 Manfaat Konsumsi Oatmeal yang Perlu Kamu Ketahui

Tanggal: 13 Sep 2017 22:59 wib.
Tampang.com - Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat pengganti nasi. Dengan memakan oatmeal, diyakini kita akan kenyang lebih lama, sehingga kegiatan makan dapat berkurang.

 

Diketahui, oatmeal memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Terutama untuk kesehatan jantung.

 

Berikut 6 manfaat oats atau oatmeal yang perlu kamu ketahui, dikutip dari buku Agar Jantung Sehat: Tip dan Trik Memilih Makanan agar Jantung Sehat, karya Pangkalan Ide, Rabu (13/9/2017).

1. Menurunkan kolesterol darah

Food and Drug Administration sempat mengumumkan manfaat oats atau oatmeal bagi kesehatan dimana makanan ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol darah.

Kemampuan oats dalam menurunkan kolesterol berhubungan dengan kandungan serat beta-glucan yang mampu memindahkan kolesterol dari pembuluh darah dan kemudian membuannya bersama kotoran.

Hasil studi menunjukkan, orang dengan kolesterol tinggi (di atas 220 mg/dl) yang mengonsumsi satu mangkuk oats (mengandung 3 g serat beta-glucan) setiap hari, kolesterolnya akan turun sebanyak 8-23%.

2. Mencegah sembelit dan kanker usus

Serat beta glucan juga mampu mencegah sembelit dan dapat meringankan risiko gangguan usus besar, seperti wasir dan kanker usus besar. Serat ini bekerja dengan cara membentuk gel yang lengket di dalam saluran pencernaan yang berfungsi melapisi dinding sel agar terhindari dari goresan yang nantinya dapat memicu kanker usus.

3. Menyehatkan kulit

Selain dijadikan makanan sehat, oats juga dapat diolah menjadi alat kecantikan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam oats dipercaya ampuh untuk melembabkan kulit dari udara panas, sehingga Anda akan terhindar dari iritasi dan kulit pun akan terasa lembut dan bercahaya.

4. Sumber antioksidan

Menurut studi yang dilakukan di Tufts University, oats diklam mengandung antioksidan yang disebut avenanthramide yang dapat mencegah serangan radikal bebas terhadap kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein).

Kemampuan avenanthramide untuk melindungi LDL kolesterol dari proses oksidasi akan meningkat dengan adanya vitamin C. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum segelas jus jeruk saat menyantap oatmeal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Makanan ini juga mengandung selenium, mineral antioksidan yang dapat menurunkan gejala asma dan mencegah penyakit jantung.

5. Menurunkan gula darah

Oats atau oatmeal juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena serat beta glucan yang terkandung dalam makanan tersebut memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah.

Hasil studi menunjukkan, penderita diabetes yang mengonsumsi oatmeal mengalami penurunan gula darah bila dibandingkan dengan yang menyantap nasi atau roti. Pasalnya, untuk mengubah karbohidrat oats menjadi glukosa dibutuhkan waktu yang lama sehingga glukosa tidak menumpuk dalam darah.

6. Mencegah osteoporosis dan anemia

Menurut penelitian di Amerika Serikat, 50$% perempuan di atas usia 20 tahun diklaim kurang memenuhi kebutuhan nutrisi esensial seperti kalsium, asam folat, vitamin A dan E, serta zat besi. Ini yang menyebabkan banyak wanita mudah terserang osteoporosis dan anemia.

Dengan mengonsumsi oats, Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang praktis dan mudah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak sempat menyantap sarapan, karen oats bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved