Ingin Sehat? Coba Ubah Nasi Putih Kamu ke Nasi Cokelat

Tanggal: 6 Mar 2018 14:46 wib.
Tampang.com - Orang Indonesia memang dikenal biasa makan dengan nasi. Bahkan, ada istilah belum makan kalau belum menikmati nasi, padahal badan sudah kekenyangan.

Biasanya, nasi yang disantap adalah nasi putih. Nasi putih ini dikenal sebagai nasi yang tidak sehat, karena memiliki kandungan gula dan zat tepung berlebih di dalamnya. Sehingga konsumsi nasi putih berlebih bisa meningkatkan risiko kegemukan hingga diabetes.

Untuk itulah, dibutuhkan nasi yang dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi. Kamu dapat mencoba dengan mengganti nasi putih tersebut dengan nasi cokelat. Ini manfaat yang akan kamu dapat dari nasi cokelat.

Mendukung detoksifikasi

Tubuh menerima racun setiap harinya dari berbagai macam makanan tidak sehat yang kamu konsumsi, polutan, dan kuman di lingkungan. Sehingga detoksifikasi tubuh haruslah rajin dilakukan. Dan nasi cokelat dapat mendukung proses ini karena tingginya zat antioksidan di dalamnya.

Mendukung kesehatan pencernaan

Bagi mereka yang sibuk, gangguan pencernaan seperti gastritis, kembung, naiknya asam lambung, dan konstipasi sangat biasa terjadi. Nah, agar kesehatan pencernaanmu tetap terjaga, perbanyak konsumsi nasi cokelat sebab kandungan bahan alami di dalamnya bisa meningkatkan produksi cairan di sistem pencernaan yang bermanfaat untuk mengobati semua masalah pencernaan.

Menurunkan kolesterol

Bila kadar kolesterol darah naik, maka aliran darah akan terganggu. Konsumsi nasi cokelat diketahui bisa mengurangi kadar kolesterol karena adanya kandungan asam gamma-aminobutyric (GABA)

Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat dan zat antioksidan di dalam nasi cokelat memiliki kemampuan untuk mengusir plak yang terakumulasi di arteri dan memastikan aliran darah jadi lancar sehingga penyakit jantung bisa dicegah.

Mencegah diabetes

Bila tubuh tidak mampu menghasilkan cukup hormon insulin, maka kadar gula darah akan naik dan menyebabkan sejumlah gangguan, salah satunya adalah diabetes. Nasi cokelat sendiri kaya akan asam fitat dan serat. Kedua nutrisi ini diketahui dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif sehingga diabetes bisa dicegah.

Mencegah kanker

Seperti yang kamu tahu, kanker merupakan penyakit yang mematikan. Kabar baiknya, kamu bisa mencegah kanker dengan konsumsi nasi cokelat. Sebab zat antioksidan kuat pada nasi cokelat dapat membantu mencegah berkembang biaknya sel kanker.

Mengobati depresi

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa nasi cokelat bermanfaat untuk mengobati depresi. Sebab, nasi merah mengandung asam amino esensial seperti glutamin, gliserin, dan GABA yang mampu meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi dan masalah kecemasan.

Memperkuat tulang

Selain mengandung asam amino dan antioksidan, nasi cokelat juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Meningkatkan produksi ASI

Nasi cokelat diketahui dapat meningkatkan produksi ASI pada mereka yang sedang menyusui dengan cara merangsang kelenjar susu.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved