Hati-Hati! Ternyata Wanita Lebih Berisiko Terserang Osteoporosis

Tanggal: 9 Mar 2018 13:59 wib.
Tampang.com - Salah satu penyakit pada tulang yang sering dirasakan adalah osteoporosis. Penyakit ini membuat tulang menjadi lebih keropos, karena hilangnya massa tulang.

Nah, menurut penelitian dari International Osteoporosis Foundation, osteoporosis ini mayoritas menyerang kaum wanita. Bahkan diperkirakan hingga 200 juta wanita di dunia terserang penyakit ini. Rata-rata, tulang yang terserang pada wanita adalah bagian pinggul.

Mengapa hal ini dapat terjadi pada wanita?

Menurut penelitian ini, ada 2 penyebab utama mengapa wanita lebih berisiko. Pertama, wanita memiliki massa tulang lebih kecil dan lebih tipis jika dibandingkan pria.

Kedua, karena hormon estrogen pada wanita yang memiliki salah satu fungsi untuk melindungi tulang akan menurun ketika wanita mencapai menopause. Akibatnya, tulang menjadi lebih rawan.

Selain itu, wanita pun mengalami kehamilan dan menyusui yang mampu merampas merampas kalsium dan vitamin D yang ada di dalam tulang untuk memenuhi kebutuhan kalsium bayi. Dengan alasan-alasan ini, tak heran jika wanita lebih berisiko dibandingkan pria.

Dengan penelitian diatas, tentunya pencegahan sejak dini harus dilakukan bagi wanita. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi susu yang mengandung nutrisi yang mampu kuatkan tulang kamu.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved