Hati-Hati Lemak di Perut Sebabkan Kanker!

Tanggal: 27 Agu 2017 11:21 wib.
Sebuah penelitian baru membuat dua penemuan penting: pertama, berkaitan dengan bagaimana sel-sel berubah menjadi tumor ketika "dibantu" oleh protein tertentu, dan kedua, penemuan ini menunjukkan bahwa sumber protein tersebut mungkin terletak pada lemak perut yang menumpuk.

Penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Oncogene ini dipimpin oleh Jamie Bernard, asisten profesor farmakologi dan toksikologi di Michigan State University di East Lansing. Penulis pertama studi ini adalah Debrup Chakraborty, seorang mahasiswa postdoctoral di laboratorium Prof. Bernard.

Sebuah badan penelitian menunjukkan bahwa lemak meningkatkan risiko kanker. Namun sedikit yang diketahui tentang bagaimana lemak mempengaruhi proses dimana sel non-kanker berubah menjadi kanker.

"Meskipun ada beberapa kemajuan dalam mengobati kanker dan meningkatkan kualitas hidup pasien, jumlah kasus baru terus meningkat," kata Prof. Bernard.

Begitu pula obesitas. Saat ini, 38 persen orang di Amerika Serikat diperkirakan mengalami obesitas, dan tingkat tersebut diperkirakan mencapai 42 persen pada tahun 2050.

"Penting untuk memahami penyebab kanker sehingga kita bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengurangi jumlah kasus kanker dengan menggunakan modifikasi diet atau intervensi terapeutik," kata Prof. Bernard.

Secara khusus, penting untuk meneliti secara lebih mendalam efek lemak visceral, atau jaringan adiposa viseral (PPN), pada perkembangan kanker.

Lemak visceral adalah lemak yang menyimpan beberapa organ vital di dalam perut, seperti hati, pankreas, dan usus. Sebaliknya, lemak subkutan adalah lemak yang tersimpan tepat di bawah kulit.

Protein FGF2 yang ditemukan di lemak perut bisa menggerakkan kanker.

Para peneliti menemukan bahwa PPN menghasilkan faktor pertumbuhan fibroblas-2 (FGF2) dalam jumlah yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan lemak subkutan.

Selain itu, dengan menggunakan uji proliferasi, para ilmuwan mengungkapkan bahwa FGF2 mendorong sel epitel kulit dan mammae yang "sudah rentan terhadap protein" untuk berubah menjadi sel kanker.

Prof. Bernard dan tim juga mengambil sampel jaringan PPN dari wanita yang telah menjalani histerektomi dan menemukan bahwa ketika jaringan lemak memiliki sekresi protein FGF2 yang lebih tinggi, lebih banyak sel yang kemudian membentuk tumor kanker saat ditransplantasikan ke tikus.

"Ini akan menunjukkan bahwa lemak dari kedua tikus dan manusia dapat membuat sel non-tumorigenik dengan ganas berubah menjadi sel tumorigenik," kata Prof. Bernard.

Mengacu pada kelebihan berat badan sebagai faktor risiko kanker, Prof. Bernard mengatakan, "Studi kami menunjukkan bahwa indeks massa tubuh, atau BMI, mungkin bukan indikator terbaik."

"Ini adalah obesitas perut, dan bahkan lebih khusus lagi, tingkat protein yang disebut faktor pertumbuhan fibroblas-2 yang mungkin menjadi indikator yang lebih baik untuk risiko sel menjadi kanker."

Namun faktor risiko kanker lainnya tidak boleh diabaikan.

Ke depan, Prof. Bernard dan rekannya berencana mencari senyawa yang bisa menghentikan efek FGF2 dan menghambat terbentuknya tumor kanker.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved