Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Kamu Tidak Mengistirahatkan Tubuh

Tanggal: 22 Agu 2017 07:15 wib.
Tampang.com - Apakah kamu seorang workaholic yang sering melupakan istirahat? Jika kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk istirahat, dapat berdampak buruk bagi tubuh kamu.

Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan energi yang telah terpakai. Lalu, bagaimana jika tubuh dipaksakan tanpa istirahat? Dilansir dari laman popsugar.com ada beberapa akibat, yakni sebagai berikut.

1. Glikogen yang Menurun

Glikogen merupakan sumber energi pada tubuh kita. Penurunan kadar glikogen ini akan menghilangkan kontribusi pada respon laktat. Hal ini menjadikan otot lebih cepat lelah dan lemas.

2. Kortikosteroid Meningkat

Tubuh kita memiliki hormon stress yaitu Kortison dan Kortisol. Kedua hormon ini tidak baik dan dapat menurunkan berat badan jika terlalu tinggi.

Jika tubuh kurang mendapat istirahat, kortikosteroid cenderung meningkat. Peningkatan ini akan menekan sistem kekebalan tubuh dan menghambat antigen sehingga tidak dapat melawan sel yang buruk. Akibatnya, kamu mudah stress dan terkena penyakit.

3. Kehilangan Massa Otot

Jika kamu sedang menjalani proses membentuk otot dan tubuh, hal yang perlu diperhatikan adalah olahraga dan tidur yang cukup.

Meskipun kamu berusaha keras untuk pembentukan otot, jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup, massa otot kamu tidak akan pernah meningkat.

4. Perubahan Perilaku

Jika tubuh kurang tidur dalam kurun waktu lama, pastinya mengacaukan keseharian kamu. Tubuh akan merasa letih dan kamu juga tidak akan bersemangat dalam melakukan berbagai kegiatan kamu. Tidak hanya itu, perubahan juga dapat terjadi pada mental dan fisik kamu, seperti mudah marah, terlihat kusam, dan kurang percaya diri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved