Hasil Penelitian: Radiasi Smartphone Ternyata Tak Bahayakan Otak

Tanggal: 15 Mar 2018 09:24 wib.
Tampang.com - Beberapa tahun belakangan, tersiar kabar bahwa radiasi pada smartphone dapat membahayakan otak kita. Tentunya hal ini menjadi suatu hal yang menakutkan jika memang benar. Pasalnya, saat ini smartphone menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dalam hidup.

Namun, kini kamu tak perlu khawatir akan isu ini lagi. National Toxicology Program atau NTP, telah menyimpulkan bahwa radiasi smartphone tak berbahaya.

Dikutip dari Phone Arena, hal ini dibuktikan NTP dengan mengujinya pada tikus. Tikus tersebut sengaja dipaparkan radiasi frekuensi radio atau RFR. Hasilnya, radiasi tersebut tak mempengaruhi tikus itu.

Meskipun begitu, salah satu ilmuwan dalam penelitian ini, Dr. Bucher tetap menganjurkan untuk para pengguna smartphone untuk membuat penggunaan smartphone sejauh mungkin dari kepala.

Pasalnya, sang dokter menyebut bahwa hal ini "mengurangi paparan radiasi perangkat secara dramatis, karena radiasi berkurang jika jarak makin jauh." Perangkat juga akan lebih baik jika dijauhkan dari tempat tidur.

Selain itu, National Cancer Institute juga menyebut bahwa tidak ada bukti konsisten bahwa radiasi smartphone dapat meningkatkan risiko kanker.

Bahkan, kalau di Amerika Serikat, penggunaan smartphone telah diawasi oleh FDA, istilah untuk BPOM di AS. FDA menyatakan bahwa semua smartphone di AS "dapat diterima untuk melindungi kesehatan masyarakat."

Tak hanya berbahaya bagi otak, muncul juga kabar bahwa radiasi smartphone bisa sebabkan mandul. Hingga muncullah terobosan baru dalam dunia fashion khususnya pakaian dalam, yakni celana dalam pria yang bisa melindungi alat vital pria dari radiasi smartphone. Namun perlukah alat vital pria dilindungi agar tetap subur?

Hal ini bermula dari asumsi bahwa gelombang radio yang dipancarkan smartphone bisa membawa efek berbahaya, yakni menurunkan jumlah sperma dan menurunkan kesuburan. Namun ini cuma rumor.

Hal ini dikarenakan sebenarnya masyarakat sepertinya salah tangkap akan bagaimana perbedaan-ciri-ciri gelombang elektromagnetik. Gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik, begitu juga sinar X.

Meskipun sama-sama gelombang elektromagnetik, sinar X lebih berbahaya karena panjang gelombangnya yang rendah, bisa merusak sel bahkan jaringan. Panjang gelombangnya yang hanya satu per satu juta dari lebar rambut manusia, bisa sangat kuat dan bahaya bagi sel.

Namun, gelombang radio adalah kebalikannya. Panjang gelombang dari gelombang radio yang sepanjang lapangan sepakbola, hanya membawa energi yang kecil. Energi ini terlalu kecil untuk bahkan merusak sel.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved