Dampak Buruk Jika Tubuh Kekurangan Yodium

Tanggal: 30 Jun 2018 23:29 wib.
Dampak Buruk Jika Tubuh Kekurangan Yodium

Tubuh kita mempunyai kebutuhan yang bermacam-macam. Berbagai zat harus diserap oleh tubuh kita agar tercipta fungsi tubuh yang normal dan juga lancar.

Salah satu zat yang diperlukan dalam tubuh manusia adalah Yodium. Fungsi utama yodium yang sangat diperlukan yaitu untuk pembentukan hormon teroid. Kelenjar teroid berfungsi mengatur kecepatan pembakaran energi di dalam tubuh, memproduksi protein, mengatur dan juga menghasilkan hormon. 

Berikut ini ada beberapa dampak jika tubuh kekurangan yodium:

Penyakit gondok

Penyakit gondok adalah ternjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid dalam tubuh kita akibat tubuh kita kekurangan yodium. Penyekit gondok ini ditandai dengan adanya benjolan atau tonjolan besar yang berasa di leher manusia. Benjolan inilah yang merupakan pembengkakan dari kelenjar tiroid.  Meskipun pembengkakan kelenjar tiroid ini tidak selalu disebabkan kerana kekurangan yodium, namun kekurangan yodium akan memperbesar terjadinya pembengkakkan ini.

Terlambatnya Perkembangan kecerdasan pada otak dan mental bayi

Hal ini dikarenakan yodium berpengaruh pada perkembangan otak dan juga mental bayi yang dikandungnya. Apabila kekurangan yodium, maka dikhawatirkan bayi yang ada di kandungan ibu mengalami keterlambatan perkembangan otak dan juga mentalnya. Dan resiko yang paing parah adalah bayi akan lahir dengan keterbelakangan mental.

Terjadinya hipoteroidisme

Orang dewasa yang terserang kurangnya yodium ini akan mengalami hipoteroidisme yang menyebabkan kulit menjadi membengkak, suara menjadi serak, gangguan mental, kulit kering dan mengelupas, rambut menjadi kasar dan terlihat jarang, tidak tahan dengan udara yang dingin, dan juga meningkatkan berat badan. 

Keterbelakangan mental

Kekurangan yodium juga dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada anak-anak, terutama di daerah yang rentan kekurangan yodium seperti di daerah pegunungan. Meskipun anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang didiagnosa kekurangan yodium memiliki fungsi tiroid yang normal, namun mereka cenderung mempunya kemampuan bahasa dan daya ingat yang lebih rendah dari rata-rata.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved