Cristiano Ronaldo Rajin Donor Plasma, Wah Apa Tuh?

Tanggal: 25 Okt 2017 10:53 wib.
Cristiano Ronaldo, Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2017 mengunggah foto dirinya usai melakukan donor plasma. Dalam foto itu, sosok bugar itu berdiri sambil memegang cairan berwarna kuning pucat dalam kantong donor, Cristiano Ronaldo mengajak penggemarnya untuk mau melakukan donor plasma.

Apa bedanya donor plasma dengan donor darah biasa?

Dilansir dari WebMD, plasma sebenarnya adalah bagian dari darah. Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, keping darah dan juga plasma yang merupakan cairan darah. Fungsinya selain menjaga tekanan darah, juga mengandung komponen penting seperti mineral, antibodi, dan juga nutrisi.

Sekitar 55 persen darah terdiri dari plasma. Meskipun darah terlihat berwarna merah, plasma sendiri sebenarnya berwarna kuning pucat.

Dalam beberapa kasus penyakit, pasien hanya membutuhkan plasma darahnya saja. Pasien hemofilia, kanker, dan beberapa penyakit autoimun merupakan para penerima donor plasma.

Prosesnya donor plasma darah ini tidak jauh berbeda dengan donor darah biasa. Calon pendonor harus memenuhi persyaratan donor darah seperti misalnya berusia di atas 18 tahun, HB dan tekanan darah normal, serta bebas penyakit hepatitis dan HIV.

Lalu, darah dari tubuh donor akan disedot menggunakan mesin. Di dalam mesin itu darah diolah dan dipisahkan antara plasma dengan komponen darah lainnya. Plasma yang keluar akan ditampung di dalam kantong, sementara sel darah merah, sel darah putih dan komponen darah sisanya masuk kembali ke dalam tubuh.

"Prosesnya tidak lama dan berangsur antar satu jam hingga satu setengah jam," tulis WebMD.

Cristiano Ronaldo merupakan pendonor yang rutin donor darah dan donor plasma. Ia mengajak para penggemarnya untuk mau melakukan donor darah dan donor plasma karena tindakan tersebut dapat menyelamatkan banyak nyawa.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved