Ceri, Si Kecil Namun Besar Manfaatnya

Tanggal: 5 Sep 2017 22:16 wib.
Tampang.com - Selain karena rasanya yang manis dan lezat, buah ceri mengandung antioksidan yang menawarkan banyak sekali manfaat. Berikut ini, beberapa manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi buah ceri.

 

1. Melindungi dan melawan diabetes

 

Ceri manis memiliki indeks glikemik rendah 22 kali lebih rendah dari aprikot (57), anggur (46), persik (42), blueberry (40) dan plum (39). Oleh karena itu, ceri menjadi camilan yang lebih baik daripada banyak buah lainnya, terutama bagi penderita diabetes.

2. Membantu tidur yang lebih baik

Jika kamu kesulitan untuk tidur, maka minum segelas jus ceri 30 menit setelah bangun tidur dan 30 menit sebelum makan malam.

Dalam sebuah penelitian, para peserta meningkatkan asupan melatonin mereka dengan mengikuti rutinitas ini. Ceri sendiri merupakan sumber melatonin yang baik, yang membantu mengatur siklus tidur kita. Selain itu, buah ceri juga dikatakan bisa membantu ketika jet lag.

3. Mengurangi lemak perut

Dilansir dari care2, buah ceri bisa membantu mengurangi lemak di perut.

4. Membantu mengatasi penyakit Alzheimer

Karena kaya akan antioksidan, buah ceri dapat menjadi salah satu makanan penguat untuk memori. Hal ini diungkapkan oleh Alzheimer's Association.

5. Mengurangi risiko stroke

Menurut penelitian dari University of Michigan Health System, ceri memberikan manfaat kardiovaskular. Antosianin, yang merupakan pigmen yang memberi warna ceri dengan warna merahnya, dapat mengaktifkan PPAR yang mengatur gen yang terlibat dalam metabolisme lemak dan glukosa. Hal ini mengurangi risiko kolesterol tinggi, tekanan darah dan diabetes.

6. Memperlambat penuaan kulit

Ceri memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari buah apapun. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang membuat kita terlihat tua. Dengan meminum satu gelas jus ceri setiap hari bisa memperlambat proses penuaan, menurut Ilmuwan dari Michigan State University. Lebih dari itu, jus ceri juga dianjurkan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi kulit lainnya.

7. Menurunkan risiko serangan asam urat

Mengonsumsi ceri dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen, seperti dalam sebuah penelitian dengan 633 pasien asam urat, yang dilakukan oleh Zhang Yuqing, profesor kedokteran dan kesehatan masyarakat di Universitas Boston.

Pasien asam urat yang mengonsumsi ceri selama periode dua hari memiliki risiko serangan asam urat 35 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ceri. "Temuan kami menunjukkan mengonsumsi ceri atau ekstrak ceri menurunkan risiko serangan asam urat, risiko penyakit asam urat terus menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi ceri, hingga tiga porsi selama dua hari," kata Zhang.

8. Membantu mengatur tekanan darah

Ceri sangat tinggi potassium, yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah serta mengurangi risiko hipertensi. Fitosterol dalam ceri juga mengurangi kadar kolesterol jahat.

9. Membantu mencegah kanker usus besar

Zat dalam ceri asam bisa mengurangi pembentukan bahan kimia karsinogenik yang berkembang dari setiap burger. Dimana periset menambahkan ceri asam ke dalam roti berisi daging sapi. "Kandungan lemak dari roti ceri itu, seperti yang diharapkan, lebih rendah dari pada roti lainnya, sedangkan kandungan airnya lebih besar. Jaringan ceri tidak hanya akan memperlambat penurunan oksidasi lemak daging, tapi juga akan mengurangi secara substansial pembentukan amina aromatik heterosiklik," ungkap J. Ian Gray, PhD, Profesor Ilmu Pangan di Michigan State.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved