Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Tanggal: 7 Okt 2017 12:50 wib.
Maag atau gastritis adalah penyakit yang disebabkan oleh luka yang terjadi di dalam lambung atau karena produksi asam lambung berlebih. Pengidap penyakit maag ini harus sangat memperhatikan asupan makan dan waktu makan tepat agar lambung tetap dalam kondisi baik sehingga sakit maag tidak kambuh. Nah, sebetulnya, ada beberapa cara alami untuk mengatasi penyakit maag, bahkan untuk menghilangkannya selamanya sehingga Anda yang memiliki penyakit maag tidak perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu yang efeknya hanya sementara. Berikut cara alami mengobati penyakit maag.

Kunyit



Kunyit adalah rempah yang mengandung zat herbal aktif dan minyak atsiri yang dapat mengobati peradangan lambung. Cara mengonsumsi kunyit sebagai obat maag adalah, pertama, pilih 2-3 rimpang ukuran sedang kuyit lalu kupas dan cuci dengan air mengalir hingga bersih. Lalu, parut kunyit dan peras hingga keluar ekstrak kunyit, tambahkan air matang dan minum langsung tanpa tambahan gula. Jika tidak kuat dengan rasa pahitnya, bias ditambahkan sedikit madu. Minum ramuan kunyit dua kali sehari pagi dan sore, Insya Alloh sakit maag tidak akan kambuh lagi.

Temulawak



Temulawak dikenal sebagai ramuan rempah yang dapat meningkatkan nafsu makan anak. Karena itu, banyak produk jamu anak yang mengandung temulawak. Selain sebagai suplemen [enambah nafsu makan, temulawak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati maag. Seperti pada kunyit, temulawak juga mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang dapat mengobati peradangan pada lambung serta anti inflamasi. Cara penggunanaannya adalah, temulawak dan jahe ukuran sedang diiris tipis lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah cukup kering, bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel dan seduh dengan air mendidih. Usahakan untuk tidak merebus ramuan kering tadi karena akan merusak kandungan gizi di dalamnya. Konsumsi ramuan temulawak ini cukup sehari sekali saja.

Daun jambu biji



Selain untuk mengobati sakit diare, daun jambu biji ternyata juga bermanfaat untuk mengibati sakit maag. Daun jambu biji mengandung antioksidan, flavonoid, polifenil, saponin, alkaloid, karoten, dan kuinon yang tinggi yang dapat membantu meringankan sakit maag. Caranya adalah rebus beberapa lembar daun jambu biji yang telah dibersihkan, lalu minum air rebusan tadi dua kali sehari setelah makan.

Buah pisang



Buah pisang mengandung antibakteri yang dapat menghambat perkembangan bakteri di dalam lambung. Selain itu buah pisang juga mengandung kalium dan serat sebagai sumber kalori sehingga jika tidak sempat makan untuk Anda yang memiliki waktu terbatas, Anda bias mengonsumsi buah pisang yang telah matang sebagai pengganti makan berat.

Itulah beberapa cara alami mengatasi sakit maag. Meskipun telah menggunakan pengobatan diatas, tapi yang paling penting untuk penderita maag adalah menjaga jadwal makan yang teratur dan menghindari makanan/minuman pantangan seperti kopi dan teh yang dapat meningkatkan asam lambung. Semoga menbantu!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved