Bukan Hanya Ngantuk, Nguap Juga Bisa Disebabkan Karena Ini...

Tanggal: 11 Jul 2017 18:20 wib.
Tampang.com - Menguap merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan saat kita mengantuk, lelah maupun bosan. Namun ternyata ada beberapa kondisi lain yang dapat memicu kita untuk menguap. Menurut beberapa teori, inilah penyebab menguap yang sering kita alami :

1. Mengantuk

Ketika seseorang mengantuk maka ia akan kehilangan konsentrasi yang akhirnya menimbulkan rangsangan di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan munculnya rasa kantuk melalui stimulasi menguap sebagai sistem pengatur tidur.

2. Menular

Banyak orang percaya jika menguap itu menular. Yupz... benar saja, ketika kita melihat orang lain sedang menguap maka kita pun akan secara otomatis ketularan ingin melakukan tindakan (nguap) tersebut.

3. Kurang Oksigen di Otak

Penyebab lain seseorang menguap yaitu karena asupan oksigen yang kurang di otak maupun darah. Hal ini akan meningkatkan kadar karbondioksida karena menguap dipercaya dapat mengeluarkan udara kotor dari paru-paru dan juga meningkatkan aliran karbondioksida ke otak.

4. Proses Pendinginan Otak

Seorang peneliti dari University of Pricenton, Gallup, mengatakan jika pada saat menguap terjadi peregangan mulut yang akan semakin melebar dan pada saat itulah akan meningkatkan aliran darah di leher, wajah dan kepala. Proses peregangan mulut tersebut akan diikuti dengan pengambilan nafas panjang dan dalam yang akan membuat turunnya cairan spinal dan darah dari otak. Udara dingin yang masuk ke mulut saat menarik nafas akan otomatis mendinginkan cairan tersebut.

5. Gangguan Kesehatan

Sering menguap juga dapat menjadi salah satu indikasi jika kesehatan kita sedang terganggu. Beberapa gangguan kesehatan tersebut antara lain:

* Gangguan tidur

* Reaksi vasovagal – stimulasi saraf vagus yang menyebabkan nadi dan tekanan darah turun drasti serta kekurangan oksigen.

* Gangguan pada otak seperti stroke, epilepsi, tumor.

* Beberapa jenis pengobatan seperti obat-obatan golongan SSRI.

* Gangguan pengaturan suhu tubuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved