Brokoli, si Hijau yang Kaya Manfaat

Tanggal: 21 Mei 2018 08:06 wib.
Brokoli, si Hijau yang Kaya Manfaat

 

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Brokoli memiliki khasiat yang baik mulai dari daun hingga batangnya.

Berikut manfaat brokoli yang wajib diketahui.

 

1. Membantu Sistem Pencernaan

Brokoli mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan juga membantu mencegah sembelit.

 

2. Sebagai Anti Kanker.

Brokoli juga mengandung fitokimia sebagai anti-kanker. Beberapa studi juga menunjukan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker paru-paru.

 

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.

 

4. Mencegah Racun Masuk ke Tubuh

Brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikan brokoli sebagai penawar racun yang sangat baik. Brokoli juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.

 

5. Mencegah Osteoporosis

Brokoli kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Konsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.

 

6. Mencegah Anemia.

Anemia biasanya berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folat yang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

 

7. Membantu Meningkatkan Kehamilan

Konsumsi brokoli adalah pilihan yang baik bagi ibu hamil karena merupakan sumber  folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved