Berjalan Kaki? Mengapa Tidak?

Tanggal: 11 Feb 2018 22:49 wib.
Berjalan Kaki? Kenapa Tidak!

Berjalan kaki adalah hal yang mungkin jarang diperhitungkan sebagai salah satu pilihan olahraga. Mengapa? Karena jalan kaki adalah salah satu rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Nah, ternyata di balik rutin tersebut terdapat banyak manfaat lho. Kita lihat yuk manfaat dari berjalan kaki!

 

Terhindar dari penyakit jantung.

Ketika kita berjalan kaki, kerja jantung dapat meningkat dan sirkulasi darah akan berjalan lancar. Hal ini lah yang menyebabkan kita bisa terhindar dari penyakit jantung.

 

Menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah

Berjalan kaki dengan teratur dapat menurunkan kolesterol, gula dara, dan juga tekanan darah. Sungguh banyak manfaat dari berjalan kaki ternyata.

 

Mencegah terjadinya penyakit diabetes

Dengan berjalan kaki, otot terpicu untuk bekerja lebih. Hal ini menyebabkan kemampuannya untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, kita bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Mengurangi stres

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, ternyata berjalan kaki bisa bermanfaaat juga bagi kejiwaan kita. Dengan berjalan kaki, produksi hormon endorfin bisa terpacu. Hormon inilah yang menyebabkan good mood kita dan mengurangi depresi. Dengan berjalan kaki, kita bisa banyak melihat. Melihat aktivitas orang di luar, melihat pemandangan, melihat lingkungan, dan melihat banyak hal lainnya. Dengan banyak melihat tersebut, penat dalam pikiran dapat berkurang. Dengan banyak melihat juga, kita dapat berpikir dengan jernih betapa dunia itu luas dan kita tak perlu terkurung dalam pikiran atau masalah kita.Ternyata jika kita merasa bad mood, tak perlu bingung lagi mencari solusi ya. Salah satu solusi untuk mengembalikan mood kita adalah dengan berjalan kaki saja!


Meningkatkan kadar vitamin D

Jika kita berjalan di luar ruangan pada pagi hingga siang hari, kita akan mendapatkan manfaat dari sinar matahari, yakni vitamin D! Vitamin ini bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Selain itu, dengan kita terkena sinar matahari, bisa menghilangkan stres akibat pekerjaan sehari-hari. Sinar matahari dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin. Hal ini lah yang bisa membuat seseorang akan lebih bahagia dan berpikiran positif.

 

Nah, yakin masih tidak ingin rutin berjalan kaki setelah melihat berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas ini?

 

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved