Beberapa Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah

Tanggal: 29 Jan 2022 14:58 wib.
Apakah anda sudah mengetahui beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan mentah? Karena beberapa jenis makanan tersebut bila dikonsumsi tanpa memasaknya terlebih dahulu bisa menimbulkan penyakit. Dan bahkan bisa mengalami keracunan makanan yang tentunya hal tersebut bisa berakibat fatal. Biasanya makanan yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu makanan yang bersifat lalapan. Seperti daun-daun muda, petai, mentimun dan sejenisnya. Tetapi selain makanan tersebut ada beberapa jenis makanan yang harus melalui proses memasak agar virus serta bakteri yang terdapat dalam bahan makanan tersebut akan hilang. Makanan yang tidak boleh dimakan mentah bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan bahkan keracunan. Oleh sebab itu selalu masak makanan tersebut dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa jenis makanan tersebut di antaranya adalah :

Kentang 

Kentang mengandung antinutrien yang bisa mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh. Mengkonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dna efek gastrointestinal. Hal tersebut terjadi karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna. Dengan memasak kentang bisa mengurangi lektin dan salah satunya antinutrisi sebesar 50-60 persen. Glycoalkaloids dalam kentang bisa menyebabkan kantuk, gatal, peningkatan sensitivitas dan masalah pencernaan.

Susu

Susu segar dipercaya merupakan jenis susu terbaik bagi tubuh, tetapi susu segar bukan berarti langsung dari sapi, kambing, domba, kerbau atau unta. Susu yang mentah atau susu yang tidak dipasteurisasi bisa membawa bakteri berbahaya dan kuman yang bisa membuatmu sangat sakit dan bahkan membunuh. Ini juga bisa menyebabkan infeksi serius dari bakteri seperti salmonella, listeria dan E coli. Berdasarkan studi oleh CDC bahwa wabah dari susu mentah bterus mengancam kesehatan manusia.

Telur

Telur adalah salah satu makanan favorit bagi seluruh lapisan masyarakat. Tak jarang mungkin lebih disukai bila diolah setengah matang. Tetapi hal tersebut tidak terlalu disarankan karena memiliki resiko mengalami infeksi bakteri. Apalagi bila menyantapnya dalam keadaan mentah. Sebuah penelitian menemukan bahwa penyerapan protein lebih tinggi pada telur yang dimasak (90%) daripada telur mentah (50%).

Taoge

Kecambah merupakan salah satu tanaman termudah untuk tumbuh serta kaya akan nutrisi. Tetapi bila taoge dikonsumsi mentah bisa menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti  diare, kram perut dan muntah uang muncul setelah 1-8 hari  makan taoge. 

Kacang merah

Kacang merah memiliki banyak kandungan protein, serat serta antioksidan. Tetapi tidak dianjurkan untuk menyantapnya sebelum dimasak karena dapat menyebabkan gangguan perut. Kacang merah yangmentah mengandung racun phytohemagglutinin yang bisa memicu ketidaknyamanan pencernaan. Jadi sebelum dikonsumsi pastikan merebus kacang merah minimal 10 menit.

Kale

Kare adalah salah satu maknaan yang tidak boleh dimakan mentah. Sudah menjadi rahasia umum bila kale merupakan salah satu makanan tersehat di dunia, tetapi bila kale dikonsumsi dalam keadaan mentah bisa menyebabkan penyimpangan hormon sehingga terjadi fluktuasi gula darah. Selain itu juga kale mentah menyebabkan fluktuasi berat badan dan kesehatan metabolisme secara keseluruhan. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved