Bahaya Menggunakan Obat Antibiotik tanpa Resep Dokter

Tanggal: 25 Apr 2018 12:36 wib.
Bahaya Menggunakan Obat Antibiotik tanpa Resep Dokter

Antibiotika adalah segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri. Dengan kata sederhana, Obat antibiotik diperuntukan untuk membasmi bakteri dan mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini banyak orang menggunakan obat antibiotik tanpa pengetahuan yang memadai dan tanpa resep dokter. Padahal obat antibiotik tergolong obat resep dan tidak dianjurkan menggunakannya sesuka hati. Tidak semua infeksi diakibatkan oleh serangan bakteri, melainkan ada juga yang diakibatkan oleh virus. oleh sebab itu, penggunaan antibiotik sebaiknya harus berdasar pemeriksaan dokter.

Di bawah ini bahaya akibat penggunaan antibiotik yang salah:

1. Bakteri menjadi resisten

Jika obat antibiotik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis infeksi yang terjadi maka justru bakteri menjadi resisten. Artinya bakteri menjadi kebal dan susah membasminya dikemudian hari. Dari data WHO, tahun 2014 ada 480.000 kasus baru tuberculosis (TB) karena mikroba di dunia dan 700.000 kematian/tahun akibat bakteri resisten. Sebelum terlambat, hentikan penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak beraturan.

2. Terjadi reaksi alergi

Ada sebagian orang alergi terhadap golongan obat antibiotik tertentu. Untuk mengetahui apakah alergi obat atau tidak, hanya bisa diketahui secara akurat oleh dokter. Alergi obat akan berbahaya fatal. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menggunakan obat antibiotik tanpa resep dokter

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved