Bahaya Konsumsi Berlebih pada Beberapa Makanan Ini

Tanggal: 10 Agu 2017 22:46 wib.
Tampang.com - Melakukan sesuatu yang berlebihan, memang biasanya akan menjadi berbahaya bagi kita. Dalam hal makanan pun ternyata ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi secara berlebih bukannya sehat, malah berbahaya bagi tubuh.

Dilansir dari laman Telegraph, Kamis 10 Agustus 2017, berikut tujuh makanan yang berisiko membahayakan tubuh apabila konsumsi berlebih :

1. GULA



Dengan terlalu banyak asupan gula, tubuh dapat berisiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, jika anda mengkonsumsi gula sepuluh setengah cangkir gula sekaligus, sudah cukup untuk mengakhiri umur seseorang dengan berat badan 70 kg.

2. JERUK



Manfaat didapat dari konsumsi jeruk memang banyak, seperti tekanan darah yang teratur, mencegah penyakit ginjal, dan menurunkan kolesterol.

Tapi, konsumsi jeruk secara berlebihan juga dapat menimbulkan overdosis vitamin C. Dibutuhkan 11.000 jeruk atau setara dengan sekitar 809 suplemen vitamin untuk mencapai titik itu.

3. PALA



Hanya butuh beberapa sendok teh pala untuk membunuh anda. Akibat yang lebih mungkin terjadi dari konsumsi pala secara berlebihan di antaranya kejang, jantung berdebar, atau mual.

Pada tahun 2007, International Programme on Chemical Safety Program merilis laporan yang menyatakan bahwa sedikitnya lima gram pala dapat dianggap racun.

Pala digunakan pada abad ke-12 untuk khasiat halusinasinya. Anda sebaiknya berhati-hati waktu ketika mencampurnya ke dalam adonan masakan anda dan pastikan tidak mencoba mencampurnya dengan kayu manis.

4. CERI



Buah yang identik dengan musim panas seperti halnya stroberi ini memiliki rasa yang sama manisnya. Tapi siapa sangka jika ceri memiliki sisi yang buruk dan itu terkandung di dalamnya.

Menelan biji ceri pastinya bukanlah pengalaman yang menyenangkan, tapi akibat dari menggigit biji ceri ternyata bisa berujung jauh lebih buruk.

Bila bijinya tergigit atau tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji itu akan mengeluarkan zat sianida yang cukup untuk menghentikan sel-sel tubuh anda untuk menggunakan oksigen. Sianida juga terkandung dalam biji apel dan biji aprikot, namun dalam kadar yang lebih rendah.

5. COKELAT



Tak ada yang menyangkal bahwa coklat adalah salah satu favorit kebanyakan orang. Mengkonsumsi coklat dalam jumlah banyak memang tidak akan segera membunuh anda, meski mungkin akan menyebabkan anda merasa sedikit mual.

Tapi mengkonsumsi 85 batang coklat berukuran penuh dalam sekali waktu mengandung cukup zat theobromine untuk mengakhiri hidup anda.

6. KENTANG



Kentang menghasilkan zat solanin dan chaconine, alkaloid yang bisa berbahaya bagi manusia. Kentang hijau bahkan menghasilkan lebih banyak solanin. Sekitar 25 kentang hijau cukup dapat  menyebabkan kematian. Jadi sebaiknya jauhilah kentang hijau, biarpun dimasak.

7. PISANG



Pisang mengandung banyak kalium, yang sangat berguna dalam dosis kecil. Bagaimanapun, terlalu banyak mencerna kalium bisa mengakhiri hidup Anda. Mengkonsumsi sekitar 480 pisang akan serupa dengan mendapatkan suntikan mematikan, yang mengandung kalium klorida.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved