Bahan Alami Sebagai Obat Kolesterol Untuk Remaja

Tanggal: 14 Jul 2021 16:10 wib.
Pola makan dan diet yang salah biasanya dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Banyak orang terutama pada usia pertengahan dan orang lanjut usia merasa kaget ketika mengetahui kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sebenarnya kondisi ini memang terjadi akibat pola kebiasaan makan yang banyak mengandung lemak jenuh. Penyakit komplikasi seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes adalah hal yang paling berbahaya dari kolesterol tinggi. Tentu saja salah satu cara untuk menghindari semua penyakit akibat kolesterol tinggi adalah mengendalikan kolesterol itu sendiri. Berikut ini merupakan makanan atau obat kolesterol untuk remaja.


Makan Apel Setiap Hari


Jika Anda sedang memiliki target untuk menurunkan kolesterol maka cobalah untuk makan apel setiap hari. Bahan antioksidan alami dalam apel dapat menetralkan lemak tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat. Selain itu apel juga mengandung sterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Makan Tomat Setiap Hari


Tomat bisa mencegah pembentukan kolesterol dari makanan lain karena mengandung sterol dan lycopene. Apel atau stroberi bisa Anda campurkan dengan tomat untuk mendapatkan manfaat yang menyehatkan.


Kacang-kacangan


Makanan ringan ini terbukti ampuh menurunkan kolesterol. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengatakan, orang yang mengonsumsi 1,5 ons kacang kenari dalam sebulan bisa menurunkan kolesterol (total) sebesar 5,4 persen dan menurunkan kolesterol jahat sebesar 9,3 persen. Meskipun baik untuk menurunkan kolesterol, kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang tinggi.


Minyak zaitun


Obat kolesterol untuk remaja selanjutnya adalah minyak zaitun, yang penuh dengan lemak tak jenuh. Sangat baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Gunakan minyak zaitun untuk membuat salad atau memasak makanan lainnya.


Bayam


Bayam mengandung banyak lutein, yang mampu menjaga kesehatan mata akibat degenerasi makula terkait usia. Penelitian juga menunjukkan setengah cangkir makanan yang kaya akan lutein setiap hari mampu mencegah serangan jantung.


Alpukat


Alpukat menjadi sumber makanan yang mampu meningkatkan kolestrol baik. Alpukat mengandung kolestrol-smashing beta-sitosterol, lemak nabati yang bermanfaat mengurangi kolesterol dari makanan. Konsumsilah alpukat secukupnya karena alpukat tinggi kalori dan lemak.

Cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja asal dilakukan dengan tekat yang kuat untuk mengelola kondisi kolesterol level tinggi. Pengendalian kolesterol yang tinggi hanya bisa dilakukan dengan pola makan, gaya hidup yang sehat, dan olahraga. Banyak yang mengganti pola makan mereka dengan bahan alami sebagai obat kolesterol untuk remaja, dan terbukti bisa mengontrol kolesterol mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved